Karhutla Mulai Teratasi, Jokowi Apresiasi Manggala Agni, TNI dan Polri

- Jumat, 4 Oktober 2019 | 13:57 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (setkab.go.id)
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (setkab.go.id)

Masalah kebakaran hutan dan lahan di sejumlah daerah di Indonesia mulai teratasi. Saat ini, titik panas di beberapa provinsi sudah sangat berkurang.

Berdasarkan pantauan citra satelit Modis-catalog Lapan, titik panas di Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah, cenderung menurun.

Hal tersebut membuat masyarakat sekitar sudah bisa menghirup udara sehat. Mereka pun kini bebas beraktivitas di luar rumah.

Kesuksesan ini tak lepas dari kerja keras dari sejumlah pihak. Di antaranya Manggala Agni, personel TNI dan Polri. Lalu ada juga campur tangan BPPT, BMKG, BNPB, BPBD dan sejumlah organisasi.

-
Ilustrasi petugas patroli pencegahan Karhutla. (Antara/Bayu Pratama S)

Presiden Joko Widodo pun sangat mengapresiasi upaya petugas dalam menangani masalah karhutla. Tak hanya lewat udara, tetapi juga kerja keras petugas yang ada di darat. 

Jokowi mengatakan, ada 45 pesawat atau helikopter dikerahkan menyemai lebih 200 ton garam lewat udara. Itu untuk mempercepat pertumbuhan awan sehingga turun hujan dan melakukan upaya waterbombing di seluruh kawasan yang terbakar. 

-
Ilustrasi petugas patroli pencegahan Karhutla. (Antara/Bayu Pratama S)

Di darat, lanjut Presiden Jokowi, petugas dan relawan berjibaku memadamkan api langsung di hutan-hutan gambut.  

"Alhamdulillah, sepekan terakhir, kebakaran hutan dan lahan telah berkurang jauh," tulis Jokowi dalam akun resmi Facebook miliknya, Jumat (4/10).

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X