Ini Alasan Mengapa Anak Nakal Lebih Bahagia dan Cenderung Sukses

- Kamis, 10 Oktober 2019 | 13:25 WIB
photo/Ilustrasi/Pexels
photo/Ilustrasi/Pexels

Tingkah laku anak di luar batas memang sering membuat kemarahan orang tua tidak terbendung lagi. Mulai dari anak membantah perkataan orang tua, suka memberontak, melanggara aturan, bertindak sesuka hati tanpa memikirkan dampak yang ditimbulkan, dan sebagainya.

Tentu sulit bagi orang tua untuk menghadapi karakter anak nakal dan sulit diatur seperti itu. Masalah pun kerap timbul dalam lingkungan keluarga. Namun, para orang tua sebaiknya tidak perlu terlalu khawatir, karena anak dengan karakter nakal tidak selamanya memiliki citra buruk.

Para ilmuwan dari Free University of Berlin (Jerman), University of Luxembourg, dan University of Illinois at Urbana-Champaign, Amerika Serikat melakukan penelitian selama 42 tahun pada sekitar 745 anak. Mereka menguji anak-anak tersebut untuk melihat pengaruh antara perilaku anak dengan kondisi masa depannya.

Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa anak-anak yang semasa kecilnya cenderung nakal memiliki kehidupan sukses ketika dewasa. Biasanya, anak yang nakal saat kecil punya penghasilan lebih besar dibandingkan anak penurut.

Menurut analisis para peneliti, hal itu dikarenakan anak nakal lebih gesit dalam mencari peluang, suka dengan pekerjaan menantang, dan dari sanalah mereka berpotensi mendapatkan penghasilan besar.

Selain itu, ada beberapa alasan lain yang membuat anak nakal ketika kecil justru hidup lebih bahagia dan cenderung sukses. Berikut ini penjelasannya, dirangkum Indozone dari berbagai sumber, Kamis (10/10/2019):

1. Lebih Kreatif

-
photo/Ilustrasi/Pexels

Biasanya, anak-anak nakal punya imajinasi dan ide-ide yang tidak terbatas. Karakter ini membuat mereka terbiasa berpikir kreatif untuk melakukan dan menghadapi sesuatu. Mereka pun tidak akan peduli dengan perkataan orang lain, karena mereka tahu apa yang terbaik untuk hidupnya.

2. Mudah Bangkit dari Masalah

-
photo/Ilustrasi/Pexels

Ketika mengalami kegagalan, anak-anak yang nakal tidak menganggap itu adalah akhir dari segalanya. Mereka justru semakin semangat dan segera bangkit dari keterpurukan. Mereka tidak masalah jika harus bertindak konyol, selama itu membuat mereka bahagia. Satu hal penting, anak-anak nakal berani mengambil risiko dengan jalan yang mereka pilih.

3. Mandiri dan Berani Berekspresi

-
photo/Ilustrasi/Pixabay

Kepribadian unik, itulah yang tercermin dari anak-anak nakal. Meski demikian, mereka tahu cara terbaik untuk berinteraksi dengan hal-hal di sekitarnya. Anak-anak nakal tidak bisa dikekang dan cenderung lebih mandiri. Maka sebaiknya, para orang tua tidak membatasi kebebasan mereka untuk berekspresi.

4. Rasa Penasaran Tinggi

-
photo/Ilustrasi/Pexels

Anak-anak nakal memilih rasa ingin tahu yang tinggi. Mereka akan mudah penasaran dengan pengetahuan baru yang sebelumnya tidak mereka ketahui. Jika orang tua memaksa mereka untuk tetap diam, itu justru membuat mereka menjadi pemberontak dan sangat sensitif.

5. Tahan Banting dan Terampil Memecahkan Masalah

-
photo/Ilustrasi/Pexels

Anak-anak nakal lebih spontan dan siap untuk mencoba berbagai pendekatan untuk keluar dari masalah. Mereka lebih mampu berdiri sendiri, terampil dalam memecahkan masalah, dan tidak mudah tersulut emosi. Mereka pun jauh lebih matang dalam berpikir dan punya sudut pandang yang luas.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X