Anies Rayakan Hari Batik Nasional dengan Bersepeda

- Rabu, 2 Oktober 2019 | 17:30 WIB
Di Hari Batik Nasional, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersepeda bersama jajaran Pemerintah Provinsi DKI. (Humas Pemprov DKI Jakarta)
Di Hari Batik Nasional, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersepeda bersama jajaran Pemerintah Provinsi DKI. (Humas Pemprov DKI Jakarta)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ikut merayakan Hari Batik Nasional. Mengenakan batik lengan panjang dan helm, Anies bersepeda bersama jajaran Pemerintah Provinsi DKI dari Balai Kota ke kawasan Gajah Mada, Jakarta Barat.

"Hari ini adalah Hari Batik dan kami merayakan Hari Batik ini tentu dengan menggunakan batik. Siang ini kami jajaran Pemprov DKI bersepeda menggunakan batik dan mendorong gaya hidup sehat kapan saja," kata Anies di Jakarta, Rabu (2/10).

Anies berharap penggunaan batik semakin berkembang dengan berbagai variasinya, dalam berbagai aktivitas sehari-hari, termasuk ketika bersepeda.

"Jangan bersepeda itu harus pakai baju olahraga, pakai kacamata olahraga, pakai sepatu olahraga. Tapi pakai pakaian apa saja, termasuk pakai batik kita bisa bersepeda," ujar Anies.

Untuk diketahui, Hari Batik Nasional pertama kali ditetapkan tahun 2009 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Saat itu, SBY menerbitkan Keputusan Presiden No. 33 Tahun 2009 tentang Hari Batik Nasional pada 17 November 2009 yang meminta masyarakat mengenakan batik.

Pengakuan batik Indonesia sebagai warisan dunia oleh UNESCO melalui proses yang cukup panjang. Pemerintah Indonesia telah mendaftarkan batik sebagai warisan dunia sejak 3 September 2008 dan baru diterima resmi UNESCO pada 9 Januari 2009.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X