The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Mencekam! Detik-detik Politisi Myanmar Pa Pa Han Ditangkap Tentara Bersenjata saat Kudeta
Politisi Myanmar saat ditangkap tentara. (Tangkapan layar)
News

Mencekam! Detik-detik Politisi Myanmar Pa Pa Han Ditangkap Tentara Bersenjata saat Kudeta

Rabu, 03 Februari 2021 10:06 WIB 03 Februari 2021, 10:06 WIB

INDOZONE.ID - Sebuah video memperlihatkan penangkapan politisi perempuan Myanmar Pa Pa Han di rumahnya saat kudeta. Sejumlah tentara mendatangi rumah Pa Pa Han pada pagi hari sekitar pukul 05.15 waktu setempat, Senin (1/2/2021).

Penangkapan ini sendiri terjadi di kawasan Bago, Pyay, Myanmar. Ada sekitar 15 tentara yang mendatangi rumah Pa Pa Han. Masing-masing tentara tersebut dibekali dengan senjata.

Pa Pa Han meninggalkan rumah disaksikan oleh keluarganya, termasuk suami, anak dan ibunya. Dia dituntun oleh para tentara masuk ke dalam mobil yang sudah dipersiapkan. Tentara yang menangkap Pa Pa Han tampak tak banyak bicara saat penangkapan.

Detik-detik penangkapan tersebut juga disiarkan langsung di Facebook suami Pa Pa Han. Sang suami sempat bertanya langsung ke tentara tersebut terkait maksud kedatangannya saat pagi buta.

Sementara itu, Pa Pa Han sendiri terlihat santai menyiapkan tas sebelum akhirnya dibawa pergi oleh para tentara tersebut.

Baca juga: Lagu 'Ampun Bang Jago' Mendunia usai Dijadikan Musik Senam di Tengah Kudeta Myanmar

Seperti yang diketahui, pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi dan sejumlah tokoh senior lainnya dari partai berkuasa ditangkap dalam penggerebekan dini hari, menurut juru bicara Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD), Senin (1/2/2021) seperti yang dilansir Reuters.

Penangkapan berlangsung setelah beberapa hari ketegangan antara pemerintahan sipil dan militer berpengaruh meningkat, yang menimbulkan kekhawatiran kudeta pasca pemilu. Militer menyebutkan bahwa pemilu di Myanmar diwarnai kecurangan.

Juru bicara Myo Nyunt melalui telepon mengatakan kepada Reuters bahwa Suu Kyi, Presiden Win Myint dan sejumlah pemimpin lainnya "dibawa" pada dini hari.

"Saya ingin memberitahu masyarakat kami untuk tidak langsung menanggapi (kejadian itu) dan saya ingin mereka bertindak sesuai hukum yang ada," katanya, mengaku bahwa dirinya kemungkinan juga bakal ditahan.

Artikel Menarik Lainnya:

Dina
Dina

Dina

Editor
JOIN US
JOIN US