The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Viral Fitnah Istri Ajudan Wapres Meninggal, Kombes Sabilul Incar Pembuat Akun IG Palsu
Kombes Pol Sabilul Alif saat bersama istrinya. (Instagram/m.sabilul_alif)
News

Viral Fitnah Istri Ajudan Wapres Meninggal, Kombes Sabilul Incar Pembuat Akun IG Palsu

Selasa, 14 Juli 2020 15:37 WIB 14 Juli 2020, 15:37 WIB

INDOZONE.ID - Ajudan Wapres Ma'ruf Amin, Kombes Pol Sabilul Alif bertekad untuk meringkus pelaku yang berani memalsukan akun media sosial Instagramnya.

Geramnya Sabilul Alif pelaku yang memalsukan akunnya itu malah memfitnah cerita kalau istrinya telah meninggal dunia, padahal pasangan hidupnya itu hingga kini sehat walfiat.

Untuk itu mantan Kapolres Kota Tangerang itu telah melaporkan pelaku hingga laporkan ke Mabes Polri.

"Apalagi pakai bilang istri meninggal dunia (sepertinya saya akan dapat PR panjang dr istri saya utk menangkap ybs). Bantu saya untuk melacak dan menghentikan penjahat seperti ini #polisi #cybercrime #mabespolri," tulis Sabilul dalam akun Instagramnya yang asli.

Kombes Pol Sabilul Alif meminta meminta unit cyber crime Mabes Polri bergerak cepat untuk melacak pelaku yang tidak bertanggung jawab menyebut istrinya telah meninggal dunia.

"Saya menemukan 2 akun yang sengaja memalsukan nama saya. Saya minta jangan pernah kena tipu daya di medsos, akun saya hanya ada @m.sabilul_alif dan tidak ada yang lain," tulis mantan Kasat Lantas Polrestabes Medan itu seperti yang dilihat Indozone.id, Selasa (14/7/2020).

Sang istri dibuat meradang karena disebut telah meninggal dunia pada akun palsu itu.

Akun itu mengatasnamakan Sabilul Alif diduga bertujuan untuk melakukan penipuan.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by M. SABILUL ALIF (@m.sabilul_alif) on

Sementara itu akun palsu yang mengatasnamakan dirinya ada dua, yakni: muhammadalif1267 dan sabilulalif767.

Kondisi ini membuat Sabilul marah. Bahkan dia sampai mendapat tugas langsung dari sang istri untuk melacak dan menangkap pembuat akun palsu Instagram yang menyebut pasangan hidupnya itu telah berpulang.

Kombes Pol Sabilul Alif saat bersama istri. (Instagram)
Kombes Pol Sabilul Alif saat bersama istri. (Instagram)

Sabilul mengatakan kalau pelaku nampaknya sudah bosan dan jenuh dengan hidup dan penderitaannya hingga nekat memalsukan akun medsos dirinya.

Apalagi akun tersebut dibuat diduga bertujuan melakukan penipuan untuk keuntungan pribadi yang bisa dikategorikan sebagai tindak kejahatan.

"Sepertinya pelaku ini sudah mulai bosan dan jenuh dengan "penderitaannya". Sehingga lebih suka memalsukan orang lain untuk menipu daya," katanya.

Tidak hanya digunakan untuk menipu dengan mengarang informasi menyesatkan kalau istrinya disebut telah meninggal.

Bahkan ada netizen yang sampai terkecoh akibat postingan palsu itu hingga mengucapkan turut berduka mendoakan semoga husnul khotimah.

Segudang terobosan

Sebelum menjabat sebagai ajudan Wapres Ma'ruf Amin, Kombes Sabilul Alif rupanya punya segudang rekor dan terobosan selama berkarir di kepolisian.

Lulus dari Akademi Kepolisian pada tahun 1996, Sabilul tercatat pernah menduduki 22 jabatan berbagai tingkat mulai dari Pamapta Polres Karang Asem Polda Bali hingga diangkat menjadi Kapolres Kota Tangerang pada 2017 lalu.

Sejumlah penghargaan pun pernah dsabet pria kelahiran Gresik 27 Juni 1975 ini ketika masih bertugas di wilayah Polda Jawa Timur.

Dia pernah menjadi Kapolres Bondowoso, Kapolres Jember, Kepala Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu Polda Jawa Timur hingga menduduki jabatan Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Jatim.

Salah satu penghargaan yang diterima Sabilul adalah ketika dia menjabat sebagai Kapolres Jember.

Saat itu dia menulis buku berjudul Jember Suwar Suwir (Jember Suasana Warga yang Aman, Religius, Bersahabat, Berwawasan Intelektual dan Kreatif) yang diterbitkan pada tahun 2015.

Nama Jember Suwar Suwir pernah merujuk pada makanan ringan yang berasal dari Kabupaten Jember. Suwar suwir sendiri terbuat dari tape yang diolah sedemikian rupa hingga menjadi makanan ringan.

Inovasi lain yang telah dilakukan Sabilul saat menjabat Kepala SPKT Polda Jatim adalah menggagas Aplikasi Jawa Timur dalam Genggaman Berbasis Satu Desa Satu Polisi.

Aplikasi itu diresmikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar dan Kapolri Jenderal Timur Pradopo pada Juni 2012.

Aplikasi itu juga tercatat di Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) dan mendapat hak atas kekayaan intelektual (HAKI).

Kemudian, saat menjabat Kasat Lantas Polrestabes Surabaya, ia juga membuat terobosan dalam bidang lalu lintas. Terobosan itu ia desain sebagai langkah pendekatan kepada masyarakat.

Sabilul pun membuat program inovasi Kanalisasi Lajur Kiri (Kalkir), Jangan Menerobos dan Menghambat Lampu Merah (Jembatan Merah), Surabaya Taat Marka Jalan (STMJ) Kendaraanku Sehat dan Lengkap (Slaman Slumun Slamet dan Ransel).
 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US