Selain Menekan Angka Kasus Covid, Ini 5 Dampak Positif PSBB Jakarta

- Sabtu, 12 September 2020 | 11:46 WIB
Foto aerial kondisi lalu lintas yang lengang di Jalan Sudirman, Jakarta, Rabu (25/3/2020). (INDOZONE/Arya Manggala)
Foto aerial kondisi lalu lintas yang lengang di Jalan Sudirman, Jakarta, Rabu (25/3/2020). (INDOZONE/Arya Manggala)

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menarik rem darurat dan kembali memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) seperti awal masa pandemi masuk ke Indonesia.

PSBB ketat ini akan mulai diterapkan pada 14 September 2020 mendatang. Ada beberapa indikator yang sangat diperhatikan oleh Pemprov DKI Jakarta saat kembali diberlakukannya PSBB, salah satunya kasus postif di Jakarta yang terus meningkat.

PSBB yang kembali akan diterapkan di Jakarta menuai pro dan kontra. Namun, nggak semua negatif kok. Ada juga dampak positif yang akan terjadi dengan adanya PSBB. Apa saja? Simak di bawah ini ya.

1. Kualitas Udara Membaik

-
Kendaraan terjebak kemacetan di Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Jumat (31/1/2020). (INDOZONE/Arya Manggala)

Nah dampak positif pertama yang akan dirasakan warga Jakarta yaitu membaiknya kualitas udara. Hal ini karena masyarakat tak berpergian dan tetap berada di rumah, maka polusi pun berkurang dan udara menjadi lebih bersih.

2. Lebih Banyak Waktu Bersama Keluarga

-
Ilustrasi waktu bersama keluarga. (freepik)

Dampak positif selanjutnya, kamu akan lebih banyak menghabiskan waktu bersama keluarga lho. Pada kesempatan ini kamu bisa mengenali karakter dari setiap anggota keluarga dan membangun kekompakan dengan pembagian tugas rumah tangga.

3. Kembali Mengasah Kemampuan Memasak

-
Ilustrasi memasak. (freepik)

Diberlakukannya PSBB kembali membuat kamu memiliki waktu luang yang lebih banyak. Nah nggak ada salahnya kamu mencoba berbagai resep masakan dan camilan lezat. Banyak orang yang awalnya iseng coba-coba resep malah jadi peluang bisnis di tengah pandemi corona lho.

4. Konsumsi Makanan Lebih Sehat

-
Ilustrasi makanan sehat. (freepik/valeria_aksakova)

Sebelum diberlakukan lagi PSBB, terutama untuk kamu yang bekerja, pasti agak sulit ya mengatur pola makan sehat. Seringkali kamu memesan makanan yang nggak sehat atau junk food. Nah, dengan adanya kembali PSBB ini kamu akan berusaha mengolah makanan dengan bahan makanan segar yang ada di rumah.

5. Nggak Boros

-
Ilustrasi rupiah. (freepik/stockvault)

Ini nih dampak positif yang paling banyak dirasakan. Selama berada di rumah kamu nggak perlu mengeluarkan biaya untuk makan di luar, transport, dan bensin. Jadi bisa lebih menghemat ya.


Nah itu beberapa dampak positif yang akan terjadi jika PSBB di DKI Jakarta kembali diberlakukan. Semoga dengan adanya kembali PSBB ini, virus corona bisa cepat hilang ya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X