Polri Amankan Perayaan Paskah di Indonesia: Jaga Gereja Hingga Sterilisasi Dilakukan

- Kamis, 1 April 2021 | 16:27 WIB
Anggota Brimob Polda Sulsel berjaga di depan Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (31/3/2021). (ANTARA FOTO/Arnas Padda)
Anggota Brimob Polda Sulsel berjaga di depan Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (31/3/2021). (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Mabes Polri menegaskan pihaknya akan memberikan pengamanan ke seluruh gereja-gereja di Indonesia pada saat perayaan Paskah. Polri akan memberikan pengamanan mulai dari penjagaan pintu gereja hingga proses sterilisasi.

Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono menyebut perayaan Paskah merupakan agenda pengamanan rutin yang setiap tahun dilakukan oleh Polri. Karena itulah pada perayaan Paskah tahun ini, Polri tetap memberikan pengawalan pengamanan.

"Paskah dalam kepolisian masuk dalam kalender Kamtibmas. Paskah adalah setiap tahun ini kegiatan yang rutin dilakukan oleh masyarakat khususnya umat Nasrani. Karena sudah kalender Kamtibmas, berarti sudah ada persiapan pengamanan untuk kegiatan Paskah itu sendiri," kata Brigjen Rusdi dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (1/4/2021).

Untuk pengamanan Paskah kali ini akan ada perbedaan dengan sebelumnya, apalagi pasca adanya insiden di gereja Makassar. Polri sendiri akan meningkatkan kewaspadaan dalam pengamanan Paskah tahun ini.

"Mabes Polri telah memberikan Jukrah (petunjuk dan arahan) ke satuan wilayah untuk lebih mewaspadai lagi akibat aksi dari terorisme ini sendiri, khususnya pengamanan pada kegiatan Paskah," beber Rusdi.

Lebih jauh Rusdi menyebut nantinya pihaknya akan memberikan pengamanan di gereja-gereja di seluruh Indonesia. Pengamanan itu sendiri mulai dari sterilisasi area gereja hingga pengecekan dan penjagaan di pintu gereja.

BACA JUGA: Namanya Disebut di Surat Wasiat Penyerang Mabes, Begini Tanggapan Ahok

"Sebelum dilakukan kegiatan gereja, pasti akan dilakukan sterilisasi, itu yang pertama. Yang kedua, pintu-pintu masuk gereja, tentunya diamankan oleh petugas bersama-sama dengan petugas gereja melakukan pemeriksaan terhadap barang-barang yang dibawa," kata Rusdi.

"Itu standard dan itu akan dilakukan dan itu menjadi bagian bagaimana kegiatan di gereja nanti dapat berjalan dengan damai dan dengan khidmat," pungkas Rusdi.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X