The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Terungkap! Kemenkes Akui Sudah Temukan 2 Kasus Mutasi Virus Corona, Jauh Lebih Mematikan
Kolase foto ilustrasi tenaga kesehatan dan Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono (ANTARANEWS/YouTube Sekretariat Presiden)
News

Terungkap! Kemenkes Akui Sudah Temukan 2 Kasus Mutasi Virus Corona, Jauh Lebih Mematikan

Selasa, 02 Maret 2021 16:07 WIB 02 Maret 2021, 16:07 WIB

INDOZONE.ID - Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengungkap kabar mengejutkan.

Dante mengatakan, pihaknya sudah menemukan dua kasus mutasi COVID-19 dari Inggris atau B117.

Hal itu diungkap Dante tepat pada peringatan satu tahun pandemi COVID-19 di Indonesia yang digelar oleh Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional, Senin (1/3/2021) malam.

“Tadi malam saya mendapatkan informasi tepat satu tahun hari ini kita menemukan mutasi, B117 UK mutation di Indonesia. Ini fresh from the oven, baru tadi malam ditemukan dua kasus,” kata Dante.

Dante mengingatkan, COVID-19 mutasi Inggris menjadi peringatan bagi Indonesia untuk menghadapi pandemi dengan tingkat kesulitan semakin tinggi. 

Indonesia harus mengembangkan riset secara cepat, termasuk studi epidemiologi.

Dari 462 sampel yang sudah dicek dalam beberapa bulan ini, pemerintah menemukan dua COVID-19 mutasi Inggris.

"Mudah-mudahan kolaborasi yang kita kerjakan dari masyarakat, Kementerian Kesehatan dan Kemenristek itu akan membuat hal positif," ujarnya. 

Virus corona varian baru atau B117 diketahui lebih menular hingga 70 persen dibandingkan dengan varian awal SARS-CoV-2 yang ditemukan di Wuhan, China.

Dante tidak menjelaskan rinci perihal dua kasus mutasi COVID-19 tersebut. 

Saat ini, kasus COVID-19 di Indonesia sudah mencapai 1,3 juta orang sejak setahun lalu. Dari jumlah tersebut, 36.325 orang meninggal dunia.

Pandemi berdampak terhadap semua lini kehidupan. Menurut Dante, masyarakat juga sudah mulai lelah dan frustasi karena harus menjalani isolasi selama satu tahun terakhir. 

“Tapi rasa jenuh, berduka cita, dan kesadaran harus terus kita pertahankan dengan kebersamaan karena kebersamaan yang menentukan kita bisa keluar dari pandemi yang berjalan,” katanya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Nanda Fahriza Batubara

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US