Deklarator: Tidak Ada Partai Demokrat Tanpa SBY

- Kamis, 4 Maret 2021 | 16:50 WIB
Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono usai Kongres V Partai Demokrat di Jakarta. (ANTARA/M Risyal Hidayat)
Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono usai Kongres V Partai Demokrat di Jakarta. (ANTARA/M Risyal Hidayat)

Para pendiri dan deklarator Partai Demokrat menganggap tuduhan bahwa Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tidak berkeringat dalam mendirikan partai berlambang bintang mercy tersebut adalah tidak benar. Mereka sepakat bahwa tidak ada Partai Demokrat tanpa SBY

"Saya mau membantu pendirian Partai Demokrat tahun 2001 ya karena ada tokoh," kata Wayan Sugiana, akademisi sekaligus salah satu pendiri Partai Demokrat kepada wartawan, Kamis (4/3/2021). 

“Tokoh itu ya pak SBY. Kalau bukan karena pak SBY, tidak ada Partai Demorkat. Saya tidak akan ada di situ," sambungnya.

Wayan mengaku, selain pendiri juga ditunjuk sebagai salah satu Wasekjen dalam kepengurusan periode pertama. Dia tahu benar bagaimana berkeringatnya memenuhi persyaratan administrasi untuk verifikasi parpol agar Partai Demokrat bisa mengikuti pemilu 2004. 

Baca Juga: Gerindra Tegaskan Pertemuan Prabowo dan Airlangga Tak Bahas Politik

“Waktu itu, Undang-undang pemilu mensyaratkan verifikasi fisik di seluruh DPD Provinsi dan sebagian besar DPC Kabupaten/kota. Saya harus bekerja keras meyakinkan orang-orang untuk mau bergabung dengan Partai Demorkat dan harus saya akui faktor utama yang bisa meyakinkan mereka adalah keberadaan Pak SBY. Tidak ada Partai Demokrat, tanpa Pak SBY,” tegas dia.

Wayan menambahkan awalnya, merancang lambang Partai Demokrat berbentuk segi empat, tapi saat itu SBY bersikeras menggunakan lambang segitiga dengan warna seperti sekarang.

"Walaupun pada saat itu, warna-warna itu sulit direproduksi. Pak SBY meyakinkan kami untuk memakai lambang tersebut," kenang dia.

Sementara Tokoh pendiri lainnya, Steven Rumangkang mengenang saat orangtuanya, Vence Rumangkang memberitahunya soal nama Partai Demokrat yang berasal langsung dari SBY.

-
Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono. (ANTARA/M Risyal Hidayat)

 

“Saya masih ingat, mendiang papa Vence Rumangkang mengungkapkan bahwa nama Partai Demokrat berasal dari pak SBY dalam diskusi mereka di Cikeas bulan Agustus 2001,” ujar Steven Rumangkang. 

“Mendiang Papa kemudian menyiapkan segala persyaratan administratif untuk memenuhi pendirian partai di kantornya, sementara pak SBY membuat logo, bendera dan mars Partai Demokrat,” lanjut dia.

Sebagai pendiri nomor 99, Steven kini memimpin forum komunikasi pendiri dan deklarator Partai Demokrat. 

Sedangkan, Ifan Pioh, salah satu pendiri Partai Demokrat sekaligus sekretaris pribadi mendiang Vence Rumangkang, mengetahui bagaimana Partai Demokrat dilahirkan SBY.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X