Napi Asal Tiongkok Kabur dari Lapas Tangerang, Polda Metro: Dia Mantan Tentara

- Sabtu, 3 Oktober 2020 | 17:19 WIB
Selebaran DPO Cai Changpan versi Polda Metro Jaya. (Polda Metro Jaya)
Selebaran DPO Cai Changpan versi Polda Metro Jaya. (Polda Metro Jaya)

Cai Changpan, narapidana asal Tiongkok yang berhasil kabur dari Lapas Kelas 1 Tangerang diduga melarikan diri ke hutan di Bogor. Polda Metro Jaya menyebut Cai bisa bertahan hidup di hutan karena dia mantan tentara.

"Dia memang lulusan tentara di China sana, makanya dia belajar survival karena dia mantan tentara," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (3/10/2020).

Tentara yang dimaksud Yusri ialah Cai yang pernah mengikuti pendidikan tentara saat masih berada di Tiongkok. Dari situlah dia memiliki basic survival dan bisa bertahan hidup di hutan.

Baca juga: Tak Menyangka Nikah Muda, Cewek Ini Dipinang Oleh Dosennya: Suamiku Dosenku

"Ini yang menjadikan dia punya kemampuan dari pada si Cai ini untuk bisa survival di dalam hutan," beber Yusri.

Lebih jauh Yusri mengatakan Cai memang cukup menguasai hutan di wilayah Tenjo, Bogor. Untuk itu lah diduga kuat Cai melarikan diri ke hutan tersebut.

"Memang Cai ini sebelum berurusan dengan aparat berwajib waktu masih tinggal daerah Tenjo sana sering melakukan kegiatan perburuan di dalam, jadi dia menghapal-hapal hutan tersebut," kata Yusri.

Seperti diketahui, seorang narapidana narkotika sekaligus WN China, Cai Changpan berhasil kabur dari Lapas Tangerang. Dia kabur pada Senin (14/9/2020) yang lalu.

Baca juga: Viral Kucing Terjatuh saat Lompat dan Langsung Ngumpet, Tingkahnya Menggemaskan

Usut demi usut napi itu melarikan diri dengan cara menggali lubang dari sel menuju ke luar lapas. Ditemukan pula barang bukti seperti obeng, besi, sekop hingga pompa air yang diduga digunakan napi ini untuk menggali tanah.

Dalam kasus ini, polisi mencurigai dua orang pekerja di lapas yakni S seorang sipir dan S seorang PNS di Lapas Tangerang. Mereka diduga kuat membantu Cai Changpan dalam proses pelariannya.

Artikel menarik lainnya

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X