TPU Karet Bivak Tak Layani Ziarah Kubur di Momen Lebaran, Ini Kata Pengurus

- Senin, 25 Mei 2020 | 14:32 WIB
Petugas mengimbau masyarakat yang ingin berziarah agar pulang ke rumahnya karena TPU Karet Bivak menghentikan sementara kegiatan ziarah kubur. (ANTARA/HO/Dokumentasi TPU Karet Bivak)
Petugas mengimbau masyarakat yang ingin berziarah agar pulang ke rumahnya karena TPU Karet Bivak menghentikan sementara kegiatan ziarah kubur. (ANTARA/HO/Dokumentasi TPU Karet Bivak)

Kepala Taman Pemakaman Umum (TPU) Karet Bivak Saiman mengatakan, masih menutup sementara aktivitas ziarah kubur di hari raya Idul Fitri 1441 Hijriah. Namun, pihaknya tetap melayanani pemakaman jenazah.

"Kami hanya melaksanakan pelayanan pemakaman saja, selebihnya kami tiadakan aktivitas lainnya yang berpotensi menimbulkan kerumunan," kata Saiman dikutip Antara, Senin (15/5/2020).

Lebih lanjut, Saiman mengatakan prosedur pemakaman di TPU Karet Bivak hanya menggunakan standar layanan umum karena TPU itu memang tidak menangani pemakaman jenazah terkait kasus Covid-19.

"Karena kami tidak melayani pemakaman kasus Covid-19, kami pakai standar pelayanan biasa. Karena beda prosedurnya untuk kasus Covid-19, kami tidak pakai APD (Alat Pelindung Diri) yang lengkap. Jadi kami pakai standar pelayanan umum," ujarnya.

Dia menambahkan, petugas saat ini disiagakan di TPU Karet Bivak hanya mengurusi kebersihan dan pelayanan pemakaman saja.

Selebihnya, seperti layanan ziarah dan pengurusan izin penggunaan tanah makam untuk sementara hingga masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) berakhir.

"Biasanya 132 orang yang kerja. Sekarang sehari kita pangkas jadi setengahnya. Nanti setengahnya kerja di hari besoknya. Jadi tuker-tukeran. Jadi jangan sampai kita melarang banyak kerumunan warga, tapi kita malah berkerumun. Petugas tetap ada, tugas intinya TPU tetap bersih dan pola pemakaman tetap berjalan, tidak terganggu," urainya.

Saiman meminta masyarakat agar tidak perlu datang sementara waktu ke TPU Karet Bivak mengingat PSBB masih dijalankan. Namun, tampak masyarakat masih banyak yang berdatangan ke TPU itu untuk menjalani tradisi ziarah kubur di momen Lebaran 1441 H.

Menurut Saiman warga akhirnya kembali ke rumah usai diberikan informasi oleh petugas bahwa TPU Karet Bivak ditutup untuk kegiatan ziarah  selama PSBB masih berlangsung.

"Memang masih ada yang datang untuk melakukan tradisi, tapi ya tidak sedikit juga warga yang akhirnya pulang ke rumahnya kembali setelah diberitahu petugas, diberi pengertian bahwa TPU Karet Bivak ini tutup," pungkas dia.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X