Pidato Pimpinan The Fed Bikin Investor Khawatir, Harga Emas Kembali Melambung

- Kamis, 27 Agustus 2020 | 09:14 WIB
Harga emas dunia hari ini melambung kembali. (REUTERS/Leonhard Foeger)
Harga emas dunia hari ini melambung kembali. (REUTERS/Leonhard Foeger)

Harga emas kembali menguat pada hari ini, Kamis (27/8/2020) pukul 07.30 WIB, menyusul dua hal yang membuat investor diselimuti kekhawatiran, yakni kondisi perekonomian Amerika Serikat (AS) yang tak menentu, serta penantian terhadap pidato Gubernur The Fed Jerome Powell dalam pertemuan Jackson Hole. 

Para analis mengasumsikan jika Powell akan mengumumkan langkah lanjutan bagi The Fed dalam menangani permasalahan ekonomi akibat pandemi Corona. 

Jerome Powell sendiri dijadwalkan akan memberikan pidatonya tentang tinjauan kerangka kerja The Fed atas kerangka kerja dan praktiknya dalam konferensi bank sentral di Wyoming. 

Harga emas untuk pengiriman Desember 2020 di Commodity Exchange, tercatat berada di angka US$ 1.961,10 per ons troi, naik 0,44% dari sehari sebelumnya yang berada di level US$ 1.952,50 per ons troi.

Indeks dolar di pasar spot anjlok dari level tertinggi. Hal ini kemudian meningkatkan daya tarik emas sebagai instrumen Safe-Haven. 

Dikutip dari Bloomberg, George Gero, direktur pelaksana RBC Wealth Management mengatakan, pemulihan ekonomi dapat menandakan kenaikan inflasi. Dan ini juga akan membantu kenaikan harga emas, yang dianggap sebagai lindung nilai terhadap kenaikan inflasi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X