Heboh Kalung Antivirus Corona, Menkes Terawan: Jika Mentaliti Percaya Maka Imun Akan Naik

- Selasa, 7 Juli 2020 | 09:38 WIB
Kiri: Kalung eucalyptus yang diklaim sebagai antivirus corona. (ANTARA/Kementan) Kanan: Menkes Terawan. (Antara News/Rangga Pandu Asmara Jingga))
Kiri: Kalung eucalyptus yang diklaim sebagai antivirus corona. (ANTARA/Kementan) Kanan: Menkes Terawan. (Antara News/Rangga Pandu Asmara Jingga))

Belakangan ini, publik tengah dihebohkan dengan kalung berbahan eucalyptus yang diklaim sebagai antivirus corona. Terkait dengan kalung yang akan diproduksi massal ini, Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto mengatakan, belum mempelajari khasiat dari kalung tersebut.

Menkes Terawan mengungkapkan, jika kalung itu dipercaya sebagai antivirus, maka dapat meningkatkan imun tubuh seseorang dan itu sangat berguna di saat pandemi sekarang ini.

"Mengenai kalung dan sebagainya, saya tidak terlalu mempelajarinya. Tapi yang terpenting adalah kalau itu (kalung) membuat secara sikologis mentaliti itu percaya maka imunnya naik," ungkap Menkes Terawan di Ambon pada Senin (6/7/2020).

-
Produk tanaman eucalyptus yang disebut sebagai antivirus corona. (Dok. Kementan RI)

Ia menuturkan, di saat seperti sekarang ini, mental seseorang harus baik agar imunnya juga naik. Rasa cemas kata Menkes Terawan justru dapat melemahkan imun tubuh, walaupun orang itu sudah menjaga pola makan dan mengonsumsi makanan bergizi.

"Rasa khawatir banyak, maka imun turun, sehingga sangat penting imunitas yang tinggi,menghadapi situasi covid-19 ini kan bukan sekedar badan sehat saja," sebutnya.

Menkes Terawan menambahkan, selain mengonsumsi makanan bergizi, hal yang tak kalah penting lainnya ialah selalu menerapkan protokol kesehatan.

"Pakai masker, cuci tangan, jaga jarak, saya kira semua akan baik saja," jelasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X