The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Soal Perpres RAN-PE, DPR: Lindungi Masyarakat dari Ekstremisme yang Mengarah Terorisme
Ilustrasi teroris. (Freepik).
News

Soal Perpres RAN-PE, DPR: Lindungi Masyarakat dari Ekstremisme yang Mengarah Terorisme

Jumat, 22 Januari 2021 09:45 WIB 22 Januari 2021, 09:45 WIB

INDOZONE.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 7 Tahun 2021 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Penanggulangan Ekstremisme (RAN-PE) berbasis kekerasan yang mengarah pada terorisme.

Anggota Komisi I DPR RI Willy Aditya memandang diterbitkannya Perpres Nomor 7 tahun 2021 ini adalah upaya pemerintah untuk meningkatkan perlindungan kepada masyarakat dari segala macam bentruk ekstremisme yang berujung kepada terorisme.

“Perpres RAN-PE tidak lain adalah untuk meningkatkan pelindungan warga atas hak rasa aman ekstremisme berbasis kekerasan yang mengarah pada terorisme,” ujar Willy saat berbincang dengan Indozone, Jumat (22/1/2021).

Baca Juga: Pencarian Kotak Hitam CVR Sriwijaya Air Tetap Dilanjutkan, Meski Operasi SAR Dihentikan

Tak sampai di situ, Politisi Partai NasDem ini menyebut Perpres RAN-PE adalah obligasi negara memenuhi hak asasi manusia sekaligus menjaga stabilitas keamanan nasional berdasarkan.

“Tentu hal ini harus dilakukan berlandaskan Pancasila dan Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945,” imbuh dia.

Jika dilihat dari isinya, sambung Willy, Perpres RAN-PE memang dibutuhkan untuk mengkoordinasikan kerja antar lembaga negara dan partisipasi masyarakat sipil. Ia berharap masyarakat juga ikut serta mendukung upaya-upaya baik ini. 

“Negara dengan kekuatan yang dimilikinya harus kita dukung untuk membangun keamanan dan ketertiban sebagai bagian dari pemenuhan hak azasi kita sebagai warga negara,” tutur Willy.

“Namun bukan berarti kekuasaan dapat digunakan secara serampangan untuk mengawasi (surveillance) pergerakan semua warga negara. Menegakkan aturan harus juga dilakukan dengan menaati aturan,” pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fiddy Anggriawan
Harits Tryan Akhmad
JOIN US
JOIN US