Listyo Sigit Sah Kapolri, Mutasi Besar Polri Menanti, Dua Jenderal Bintang Tiga Bergeser

- Kamis, 21 Januari 2021 | 16:24 WIB
Komjen Listyo Sigit Prabowo saat menjalani fit and proper tes di DPR RI. (Antara Foto)
Komjen Listyo Sigit Prabowo saat menjalani fit and proper tes di DPR RI. (Antara Foto)

Gerbong mutasi besar-besaran Polri tentu akan bergerak setelah Presiden Jokowi melantik Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolri.

"Tugas pertama Listiyo Sigit, setelah dilantik Presiden Jokowi menjadi Kapolri adalah langsung menggerakkan gerbong mutasi besar di tubuh kepolisian, yakni dengan mengeluarkan TR Mutasi untuk posisi dua jenderal bintang tiga (Komjen), yang otomatis membuat bergeraknya gerbong mutasi besar di tubuh Polri," demikian ungkap Ketua Presidium Indonesia Police Watch Neta S Pane pada INDOZONE, Kamis (21/1/2021).

Dari informasi yang dihimpun IPW, kedua posisi Komjen yang kosong itu adalah, Pertama, untuk posisi Kabareskrim yang ditinggalkan Sigit.

Kedua untuk posisi Sestama Lemhanas yang ditinggalkan Komjen Didid Widjanardi yang sudah pensiun sejak 14 Januari lalu.

-
Kabareskrim Mabes Polri Komisaris Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. (Antara/Nova Wahyudi)

 

Didi kelahiran Surakarta, Jawa Tengah itu menjabat Sestama Lemhanas sejak 3 Maret 2020. 

"Dengan adanya dua posisi Komjen yang kosong berarti begitu Sigit menjadi Kapolri, mantan Kabareskrim itu akan langsung menggerakkan gerbong mutasi besar, termasuk memutasi beberapa Kapolda dan menaikkan wakapolda menjadi Kapolda," ungkap Neta melalui keterangan tertulisnya.

Untuk posisi Kabareskrim beredar kabar, sedikitnya ada empat calon, yakni Irjen Wahyu Widada (Kapolda Aceh), Irjen Nico Alfinta (Kapolda Jatim), Irjen Dofiri (Kapolda Jabar), dan Irjen Wahyu Adhinigrat (Wakabareskrim).

Sedangkan untuk posisi Sestama Lemhanas, sepertinya bakal ada Komjen dari Mabes Polri yang digeser untuk menjadi Sestama Lemhanas.

Selain itu Irjen Luki (Wakalemdikpol) juga disebut sebut akan bergeser ke Sestama Lemhanas atau ke posisi lain.

Saat menjadi Kapolda Jatim, Luki berhasil mengamankan pelaksanaan Pilpres 2019 sehingga memberikan kemenangan signifikan bagi Jokowi untuk menjabat dua periode.

Setelah dinyatakan lolos uji kelayakan (fit and propert test) dan diketok palu oleh Komisi III DPR, jika tidak ada aral melintang, Komjen Listyo Sigit Prabowo akan dilantik menjadi Kapolri pada Jumat, 22 Januari 2021 besok oleh Presiden Jokowi.

"Dengan ikon Presisi, Sigit akan membawa paradigma baru di Polri," sebut Neta.

Tentunya kata Neta publik berharap, Sigit akan segera mewujudkan semua yang dijanjikannya saat uji kepatutan di Komisi III DPR.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X