Sosok Malkan Amin Calon Bupati Barru yang Meninggal di Hari Pencoblosan, Aktif Berpolitik

- Rabu, 9 Desember 2020 | 13:23 WIB
Malkan Amin (Kiri) Calon Bupati Barru, Sulsel meninggal dunia. (Facebook)
Malkan Amin (Kiri) Calon Bupati Barru, Sulsel meninggal dunia. (Facebook)

Malkan Amin Calon Bupati Barru, Sulawesi Selatan dinyatakan meninggal dunia akibat terinveksi Covid-19 saat pencoblosan Pilkada Serentak 2020.

Calon Bupati Kabupaten Barru, Provinsi Sulawesi Selatan nomor urut tiga itu dinyatakan meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Wahidin Sudirohusodo, Makassar, Rabu (9/12/2020).

"Iya, beliau (Malkan Amin) wafat sekitar pukul 11.30 WITA," ujar Direktur RSUP Wahidin Sudirohusodo Dr dr Khalik Saleh seperti yang dilaporkan Antara.

Malkan termasuk salah seorang politisi kawakan yang berasal dari Indonesia Timur.

Dari infomasi yang diperoleh, Andi Malkan diduga terpapar COVID-19 dan sempat mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit setempat.

-
Malkan Amin meninggal dunia saat mencalonkan diri Bupati Barru. (Ist)

 

"Informasinya saya dengar begitu (COVID-19), tapi masih akan dikonfirmasi kepada petugasnya, saya sementara di luar ini," ujar Khalik.

Calon Bupati Barru nomor urut tiga ini berpasangan Andi Salahuddin diusung Partai Golkar, PPP, dan Gerindra.

Lahir pada 11 Agustus 1948, Malkan Amin juga mantan Wakil Sekjen DPP Partai Golkar yang pernah menjabat selama dua periode, 1999 – 2004 dan 2004 – 2009.

Memperoleh gelar Sarjana Muda Publisistik dari Fakultas Sosial Politik, Universitas Hasanuddin Makasar, Malkan Amin memang sudah menggemari politik termasuk segala macam bentuk keorganisasian selama masa hidupnya.

Kecintaan ini bisa dibuktikan dari beberapa jabatan penting yang pernah disandang sepanjang karir politik bahkan dalam waktu yang hampir bersamaan.

Sosok Malkan Amin juga dikenal sebagai salah satu dari deretan pengusaha sukses di Indonesia.

Menjabat sebagai Direktur PT. Mustika Biru Jakarta dilanjutkan Direktur PT. Wastika Colas Jakarta, politisi kelahiran kota Barru Sulawesi Selatan ini merangkap jabatan sebagai anggota MPR RI hingga ketiga jabatan puncak tersebut sama-sama berakhir pada 1999.

Dia juga pernah mengampu jabatan sebagai anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi Golkar, Amin tidak berhenti berkarir baik selaku politisi maupun pengusaha.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X