Bendungan Tukul di Pacitan yang Diresmikan Jokowi Bisa Mengairi 600 Hektare Sawah

- Senin, 15 Februari 2021 | 10:08 WIB
Presiden Jokowi di Bendungan Tukul Pacitan. (Instagram/@jokowi)
Presiden Jokowi di Bendungan Tukul Pacitan. (Instagram/@jokowi)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan Bendungan Tukul di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur pada Minggu (14/2/2021). Bendungan tersebut akhirnya selesai setelah melewati proses pembangunan selama 6 tahun.

"Bendungan di belakang saya ini adalah Bendungan Tukul di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, yang baru saja saya resmikan. Bendungan ini satu dari sekian bendungan yang kita kerjakan dalam enam tahun," kata Jokowi melalui akun Instagram-nya, Minggu (14/2/2021).

Jokowi memperlihatkan foto saat dirinya sedang jalan-jalan di sekitaran Bendungan Tukul sambil melambaikan tangan ke kamera.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Joko Widodo (@jokowi)

Baca juga: Presiden Jokowi Terbang ke Pacitan, Resmikan Bendungan Tukul

Bendungan Tukul sendiri dibangun untuk pengendalian banjir dan  penyediaan air baku untuk warga Pacitan. Selain itu, bendungan tersebut dibangun agar bisa mengairi 600 hektare sawah.

Nantinya, para petani bisa menanam padi dan palawijaya sebanyak dua kali dalam setahun. Sebelumnya, para petani hanya menanam padi dan palawijaya setahun sekali. Bendungan Tukul diharapkan bisa membantu warga Pacitan.

"Bendungan Tukul dibangun untuk pengendalian banjir, penyediaan air baku bagi warga Pacitan, dan dapat mengairi 600 hektare sawah. Petani yang dulu hanya sekali menanam padi dan palawija, nantinya bisa dua kali menanam padi dan sekali palawija dalam setahun," lanjut Jokowi.

Untuk diketahui, Bendungan Tukul merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang bertujuan menambah kapasitas tampungan air di wilayah sekitarnya sehingga suplai air irigasi akan tetap terjaga.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X