Dokter Tirta Bela Presiden Jokowi Soal Kerumunan di Maumere NTT, Bukan Salah Jokowi

- Rabu, 24 Februari 2021 | 14:35 WIB
Kiri: Kerumunan Jokowi di Maumere (Istimewa) / Kanan: Dokter Tirta (Instagram/dr.tirta)
Kiri: Kerumunan Jokowi di Maumere (Istimewa) / Kanan: Dokter Tirta (Instagram/dr.tirta)

Kerumunan yang ditimbulkan dari kehadiran Presiden Jokowi ke Maumere, Sikka, NTT saat melakukan kunjungan kerja, menjadi polemik.

Dokter Tirta yang merupakan salah satu relawan Covid-19 membela Presiden Jokowi dalam hal ini. Menurutnya, Jokowi tidak bersalah karena tidak mengundang masyarakat berkerumun.

"Pak Jokowi tidak sama sekali mengajak berkumpul, apalagi bikin promo, bikin undangan, bikin tiket, apalah. Semua pure antusias yang ramai-ramai datang menyambut presiden, ini tugas protokoler mengatur keramaian. Dan emang kalah jumlah," kata dr. Tirta di akun Instagramnya, dikutip Rabu (24/2/2021).

"Pada salah satu video, sedan Pak Jokowi sampai dikejar warga yang ingin menyapa. Tampak protokoler sampai kewalahan," lanjutnya.

Menurut dokter Tirta, Jokowi sudah mencoba mengingatkan warga agar mematuhi protokol kesehatan, namun warga tetap ramai di sekitar mobil presiden.

"Nggak mungkin mobil terus melaju kan? Satu-satunya cara agar bubar, ya, mau nggak mau Pakde keluar dari atap, dan menyapa dan meminta warga kembali ke rumah masing-masing," sebut dr Tirta.

Berkaca dari peristiwa ini, dokter Tirta berpesan agar protokoler Istana bisa berbenah dan bisa mengatur massa saat Presiden Jokowi melakukan kegiatan kunjungan kerja selanjutnya.

Hal ini juga menunjukkan bahwa edukasi Covid-19 hanya dominan di kota besar Pulau Jawa, sementara di luar Jawa virus Covid-19 seolah tak ditakuti, menurut dokter Tirta.

Sementara itu, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin kerumunan terjadi karena antusiasme masyarakat.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Cipeng | TIRTA (@dr.tirta)

"Kebetulan mobil yang digunakan Presiden atapnya dapat dibuka, sehingga Presiden dapat menyapa masyarakat, sekaligus mengingatkan penggunaan masker karena kalau diperhatikan, dalam video tampak saat menyapa pun Presiden mengingatkan warga untuk menggunakan masker dengan menunjukkan masker yang digunakannya," ujar Bey pula.

"Presiden tetap mengingatkan warga tetap menaati protokol kesehatan," kata Bey menegaskan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

Motor Kepeleset, Dua Jambret Ditangkap di Monas

Senin, 18 Maret 2024 | 14:10 WIB
X