The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Pria Ini Jadi Orang Kedua yang Sembuh dari HIV, Kok Bisa?
Ilustrasi penderita AIDS (Pexels/Anna Shvets)
News

Pria Ini Jadi Orang Kedua yang Sembuh dari HIV, Kok Bisa?

Terapi punca.

Selasa, 16 Maret 2021 14:17 WIB 16 Maret 2021, 14:17 WIB

INDOZONE.ID - Seorang pria di London tampaknya menjadi orang kedua yang pernah sembuh dari HIV.

Pria bernama Castillejo yang kasusnya pertama kali diumumkan setahun lalu kini telah bebas HIV selama 30 bulan tanpa perlu obat antivirus, menurut laporan baru yang diterbitkan Selasa (10/3) di jurnal The Lancet HIV. 

Melansir Live Science, tahun lalu, para peneliti melaporkan bahwa Castillejo telah mengalami "remisi jangka panjang" dari virus tersebut setelah menjalani transplantasi sumsum tulang.

BACA JUGA: Sosok Pria yang Hantam Perut Balita 2 Tahun, Namanya Angga Santana Dewa, Pacar Bibi Korban

Saat itu, Castillejo sudah bebas HIV selama 18 bulan. Sekarang, 12 bulan kemudian, dokternya lebih yakin bahwa dia benar-benar sembuh.

"Kami mengusulkan bahwa hasil ini mewakili kasus kedua dari pasien yang sembuh dari HIV," kata Ravindra Kumar Gupta, seorang profesor mikrobiologi klinis Universitas Cambridge, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Pasien pertama yang sembuh dari HIV yaitu Timothy Brown, juga menerima transplantasi sumsum tulang serupa pada tahun 2007 dan telah bebas HIV selama lebih dari satu dekade.

Dalam kasus Castillejo dan Brown, sel yang digunakan untuk transplantasi berasal dari donor yang memiliki mutasi genetik yang relatif jarang sehingga resisten terhadap HIV.

Namun, para peneliti menekankan bahwa transplantasi sumsum tulang tidak akan berfungsi sebagai terapi standar untuk semua pasien dengan HIV.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
JOIN US
JOIN US