Raffi Ahmad Langgar Prokes Usai Divaksin, Satgas Covid: Jadi Pelajaran Penting

- Jumat, 15 Januari 2021 | 11:22 WIB
Raffi Ahmad (Instagram/raffinagita1717)
Raffi Ahmad (Instagram/raffinagita1717)

Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk penangangan COVID-19, Prof. Wiku Adisasmito mengatakan perilaku Raffi Ahmad yang mendatangi sebuah pesta usai mendapatkan vaksin akan menjadi pelajaran penting bagi semua pihak, masyarakat dan pemerintah.

Raffi Ahmad dipilih karena dinilai punya pengaruh dan menjadi panutan anak-anak muda. Diharapkan, publik mau divaksin Covid-19 berkat pengaruh dari Raffi Ahmad.

"Kami berharap dengan influencer besar seperti Raffi Ahmad, dia dapat memainkan peran penting untuk memastikan bahwa kaum muda akan mendukung vaksinasi," ujar Prof. Wiku.

Namun, perilaku Raffi Ahmad yang kemudian malah melanggar protokol kesehatan tak sampai 24 jam setelah divaksin dan mengundang kecaman banyak pihak.

"Hal-hal seperti ini bisa terjadi, kesalahan bisa terjadi dan tentunya sudah diklarifikasi oleh Raffi Ahmad sendiri," kata Prof. Wiku.

Oleh karena itu, menurut Prof. Wiku hal ini menjadi pelajaran penting bagi pemerintah jika ke depannya kembali mengajak influencer untuk menyusun strategi komunikasi yang dapat dimengerti oleh khalayak.

"Ke depannya bila kita akan mengajak banyak orang untuk vaksin termasuk influencer, kami harus bekerja sama menjalankan strategi komunikasi yang baik yang bisa dimengerti mereka dan diikuti oleh pengikutnya. Ini kebijakan penting dari pemerintah untuk masyarakat," kata Prof. Wiku.

Raffi Ahmad sendiri telah meminta maaf kepada masyarakat Indonesia dan juga Presiden Joko Widodo atas kegaduhan yang terjadi.

Dia mengakui kesalahannya yang telah melanggar protokol kesehatan dengan berkerumun dan tidak memakai masker. 

Artikel menarik lainnya

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X