The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Jadi Penyintas Covid-19, Dinkes DKI Jelaskan Efek Samping Jika Anies-Riza Tetap Divaksin
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta Widyastuti. (INDOZONE/Sarah Hutagaol)
News

Jadi Penyintas Covid-19, Dinkes DKI Jelaskan Efek Samping Jika Anies-Riza Tetap Divaksin

Tidak menjadi prioritas.

Kamis, 14 Januari 2021 17:55 WIB 14 Januari 2021, 17:55 WIB

INDOZONE.ID - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria batal divaksin Covid-19. Hal tersebut dikarenakan kedua pernah positif terpapar virus Corona.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta Widyastuti menyebut, Anies dan Riza Patria yang penyintas Covid-19 secara alami telah memiliki antibodi untuk melawan virus corona (SARS-CoV-2).

"Sebenarnya seorang penyintas, begitu sudah pernah terinfeksi secara alami di dalam tubuh terbentuk antibodi, sehingga penyintas tidak menjadi prioritas," ucap Widyastuti, Kamis (14/1/2021).

Meski demikian, Widyastuti meyakini bahwa vaksin Covid-19 yang diproduksi oleh Sinovac tidak memiliki efek samping yang membahayakan jika keduanya tetap disuntik vaksin.

Hal tersebut pun sama artinya ketika seseorang yang sebelumnya tidak mengetahui terinfeksi virus Corona, maka tidak akan menimbulkan efek samping apapun, hanya antibodi yang bisa menjadi ganda.

"Jadi seandainya ada kejadian, karena tidak tahu. Kalian anak muda ternyata positif, tapi tidak merasa, tidak ada gejala, dan tidak pernah periksa, ya enggak apa-apa (divaksin). Dalam tubuh kan sudah ada antibodi, jadi dobel malah," terangnya.

Sekadar diketahui, Pemprov DKI Jakarta akan menyelenggarakan vaksinasi pertama pada Jumat, 15 Januari 2021 di Gedung Balai Kota, Jakarta Pusat mulai pukul 08.00 WIB.

Dalam proses vaksinasi pertama, Pemprov DKI Jakarta akan memprioritaskannya untuk tenaga kesehatan atau nakes. Jumlah yang diketahui untuk divaksin pertama adalah sebanyak 60 ribu nakes.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Yulia Marianti
Sarah Hutagaol

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US