Ini Cara Mudah Lindungi Diri dari Cyber Bullying

- Selasa, 19 Mei 2020 | 18:24 WIB
Ilustrasi stop syber bullying. (INDOZONE/Fahmy Fotaleno)
Ilustrasi stop syber bullying. (INDOZONE/Fahmy Fotaleno)

Pandemi virus corona (Covid-19) membuat banyak orang semakin akrab dengan internet. Sekolah, kerja, berinteraksi dengan teman, semuanya dilakukan secara online. Selain itu, untuk menghilangkan rasa bosan, sebagian besar juga memilih bermain media sosial (medsos).

Penggunaan internet yang meningkat selama masa pandemi Covid-19 ini ternyata menjadi perhatian khusus bagi beberapa pihak. Salah satunya adalah komunitas 'Sudah Dong' yang mendorong gerakan anti bullying atau perundungan di masyarakat termasuk di internet.

Berdasarkan data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) yang dirilis pada tahun 2019, tercatat 49% pengguna internet pernah menjadi korban cyber bullying. Tentunya kondisi ini bisa berdampak bagi kesehatan mental pengguna internet. Oleh karenanya, 'Sudah Dong' merasa khawatir peningkatan penggunaan teknologi dan internet di masa pandemi Covid-19 berbanding lurus dengan peningkatan cyber bullying.

“Memang kami belum ada data apakah cyber bullying di masa pandemi Covid-19 meningkat atau tidak. Tapi kami ingin mencegah angka tersebut naik. Jadi kita harus bisa bikin sesuatu supaya angkanya tidak meningkat,” ujar perwakilan 'Sudah Dong', Adiyat Yori Rambe saat menjawab pertanyaan Indozone dalam suatu konferensi pers online, Selasa (19/5/2020).

Pria yang akrab disapa Yori ini mengatakan, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya peningkatan cyber bullying khususnya di medsos adalah memanfaatkan fitur-fitur yang ada. Saat ini sudah banyak medsos yang memiliki fitur untuk melindungi penggunanya dari cyber bullying. Contohnya untuk fitur private atau pribadi sehingga teman-teman di medsos hanya yang dikenal. Selain itu, ada fitur untuk menyaring komentar negatif dengan memasukkan kata kunci tertentu.

“Jadi memang pengguna medsos harus lebih aware untuk memanfaatkan fitur-fitur yang ada. Fitur-fitur itu dibuat bukan tanpa alasan, tapi untuk mengamankan medsos dari bullying,” kata Yori.

Dirinya menambahkan, pengguna medsos termasuk anak-anak muda terkadang masih bingung cara melindungi diri dari cyber bullying dan langkah-langkah yang harus dilakukan. Padahal sudah ada fitur di medsos yang mendukung itu semua. Dengan begitu, pengguna medsos bisa menghindari perundungan dan menjaga kesehatan mentalnya.

“Jadi fitur keamanan itu dioptimalkan,” pungkas Yori.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X