Pusat Perbelanjaan Mulai Ramai, Mabes Polri akan Bertindak

- Selasa, 19 Mei 2020 | 16:15 WIB
Ilustrasi Polisi mengamankan pusat belanjaan. (Dok. Humas Polda Metro Jaya)
Ilustrasi Polisi mengamankan pusat belanjaan. (Dok. Humas Polda Metro Jaya)

Beberapa tempat pusat perbelanjaan di berbagai tempat mulai dipadati oleh masyarakat jelang hari raya idul fitri. Menindak lanjuti hal itu, Mabes Polri mengingatkan jika pihaknya bisa saja melakukan penindakan jika didapati ada tempat perbelanjaan yang sangat ramai dan melanggar PSBB.

"Kepolisian akan melakukan pencegahan atau penindakan jika terjadi kerumuman sampai meluber ke jalan-jalan," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Pol Ahmad Ramdhan di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (19/5/2020).

Penindakan yang dilakukan polisi disebutnya polisi akan menggandeng stakeholder terkait untuk memerintahkan masyarakat untuk kembali ke rumah. Polisi juga akan mengedepankan aturan PSBB saat melakukan penindakan.

"Tindakan kepolisian bersama stakeholder lainnya bisa saja memerintahkan agar masyarakat kembali ke rumah masing-masing atau memberlakukan pola antrian yang sesuai dengan aturan PSBB yakni jaga jarak," ungkap Ahmad.

Lebih jauh Ahmad mengatakan pihaknya bersama berbagai instansi terkait sudah sering memberikan imbauan kepada masyarakat khususnya di tempat perbelanjaan dan perkantoran. Khusus untuk tempat perbelanjaan, dia menyebut tanggung jawab terbesar ada di pengelola tempat itu.

"Jika terjadi kerumunan massa di pusat perbelanjaan, maka yang pertama kali bertanggung jawab adalah pengelola perbelanjaan dengan cara memberlakukan protokol pencegahan penyebaran Covid-19, seperti pemberlakukan physical distancing, screening suhu tubuh dan penyediaan tempat cuci tangan atau hand sanitizer," kata Ahmad.

Baru-baru ini diketahui sebuah tempat pusat perbelanjaan di wilayah Cikarang, Bekasi sempat ramai pengunjung dan mengabaikan kebijakan PSBB. Polisi bersama instansi terkait akhirnya menyegel lokasi pusat perbelanjaan tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X