Pesawat India Terbelah Dua saat Mendarat, 17 Orang Tewas

- Sabtu, 8 Agustus 2020 | 11:29 WIB
Lokasi pesawat jatuh. (Foto: REUTERS/Francis Mascarenhas)
Lokasi pesawat jatuh. (Foto: REUTERS/Francis Mascarenhas)

Kecelakaan pesawat repatriasi Air India Express menewaskan sedikitnya 17 orang dan lebih dari 100 orang luka-luka yang terjadi pada Jumat (7/8/2020).

Pesawat berjenis Boeing-737 itu diketahui terbang dari Dubai menuju Bandara Internasional Calicut, India, dengan membawa 190 penumpang dan kru, 10 di antaranya adalah anak-anak, mereka direpatriasi setelah sempat telantar akibat pandemi COVID-19.

Ketika tiba di bandara yang terletak di kota Kozhikode tersebut, pesawat tergelincir akibat guyuran hujan deras, demikian menurut keterangan resmi pemerintah.

“Karena kendala cuaca, pilot awalnya tidak bisa mendarat, lalu ia melakukan putaran dan mencoba pendaratan dari arah lain,” kata Menteri Penerbangan Sipil Hardeep Singh Puri seperti dlansir Antara, Sabtu (8/8/2020).

Namun begitu, penyebab pasti kecelakaan tersebut akan diungkap kemudian, setelah ada hasil penyelidikan.

Sebelumnya diketahui seperti dalam gambar yang disiarkan televisi menunjukkan para petugas melakukan evakuasi di tengah guyuran hujan. Pesawat itu terpotong menjadi dua bagian besar dengan badan yang terlempar ke jurang sedalam 10 meter.

Puri menyebut pihak berwenang telah berhasil mengevakuasi sebagian besar penumpang karena pesawat tidak mengalami kebakaran.

“Kabar baiknya adalah pesawat tersebut terbelah sehingga kami bisa mengakses para penumpang,” ujar Puri.

Kantor Kepala Menteri Negara Bagian Kerala megatakan, selain korban tewas, ada 173 korban luka yang sudah dirawat di rumah sakit, karena wilayah di dekat bandara itu terletak di kawasan pemukiman warga.

Insiden ini merupakan yang terburuk di India setelah peristiwa serupa terjadi pada 2010 yang menewaskan 158 penumpang.

Perdana Menteri India Narendra Modi menyatakan belasungkawa melalui cuitan di Twitter.

“Saya berduka atas insiden pesawat di Kozhikode. Doa saya bersama mereka yang kehilangan orang tercinta. Semoga korban yang terluka bisa pulih dengan segera,” tulis Modi.   

Artikel Menarik Lainnya:

 

Halaman:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X