The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

 Pulihkan Sektor Pariwisata, Pemerintah Siapkan Dana Rp3,8 Triliun
Ilustrasi. Sejumlah pengunjung menikmati suasana pantai Batu Bolong di Senggigi, Kecamatan Batulayar, Lombok Barat, NTB, Rabu (15/7/2020). (photo/ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)
News

Pulihkan Sektor Pariwisata, Pemerintah Siapkan Dana Rp3,8 Triliun

Kamis, 13 Agustus 2020 22:45 WIB 13 Agustus 2020, 22:45 WIB

INDOZONE.ID - Pemerintah Indonesia mengalokasikan anggaran sebesar Rp3,8 triliun untuk memulihkan sektor pariwisata melalui sejumlah insentif yang diberikan kepada para pelaku pariwisata di Tanah Air.

Deputi I Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Febry Calvin Tetelepta dalam webinar tentang Pariwisata dalam Pandemi COVID-19 di Jakarta, Kamis (13/8), mengatakan stimulus yang ditetapkan pemerintah adalah berbagai insentif subsidi atau pengurangan Pajak Penghasilan (PPh).

“Insentif tersebut dapat dimanfaatkan oleh industri pariwisata yang mencakup perhotelan, restoran, biro perjalanan wisata, serta bidang usaha ekonomi kreatif seperti periklanan, perfilman, dan lainnya,” ujar Febry dilansir ANTARA.

World Tourism Organization menyatakan pariwisata adalah sektor yang paling parah terdampak pandami.

Staf Khusus Menteri Keuangan Yustinus Prastowo mengatakan Kemenkeu memberikan beberapa skema untuk mendukung upaya pemulihan.

Selain dukungan untuk sektor pariwisata sebesar Rp3,8 triliun, Kemenkeu juga memberikan insentif tiket untuk 10 destinasi pariwisata sebesar Rp0,4 triliun.

Kemudian hibah pariwisata senilai Rp0,1 triliun. Sedangkan kompensasi atau dukungan kepada pemda melalui dana cadangan dalam rangka pemulihan ini sebesar Rp8,7 triliun.

Ketua Umum Asosiasi Perusahaan perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) Nunung Rusmiati menjelaskan dalam lima bulan terakhir ini hampir tidak ada kegiatan yang dilakukan.

Asosiasi itu menyiapkan sejumlah program untuk menghadapi pandemik, di antaranya mengadakan Asia Inbound Talk Tourism setiap pekannya.

“Kami libatkan juga seluruh gubernur dalam upaya mempromosikan pariwisata,” paparnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Kana
Kana

Kana

Editor
TERKAIT DENGAN INI

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US