CEK FAKTA: Indomie Rasa Saksang Babi Ternyata Hoaks, Seluruh Produk Indomie Halal

- Selasa, 21 Juli 2020 | 13:17 WIB
Foto Indomie rasa saksang babi viral di media sosial. (Foto: Istimewa)
Foto Indomie rasa saksang babi viral di media sosial. (Foto: Istimewa)

Sebagian netizen dibuat cemas oleh beredarnya foto Indomie rasa saksang babi khas Sumatera Utara sejak Senin malam (20/7/2020). Mereka cemas kalau-kalau Indomie memang benar-benar mengeluarkan produk non-halal. 

Segelintir netizen bahwa khawatir bahwa bumbu Indomie varian rasa lain juga mengandung babi akibat beredarnya unggahan itu. 

"Eh, konfirmasi, dong. Ini beneran apa bercanda? Aku sudah siap-siap nangis ini...," tulis akun  Twitter Uly Siregar @sheknowshoney. 

Walaupun sebagian netizen justru senang bila benar Indomie meluncurkan varian rasa saksang babi, namun bagaimanapun, di Indonesia perihal produk nonhalal tetap berpotensi memunculkan polemik, utamanya bila diproduksi oleh produsen inklusif seperti Indomie.

Lantas, benarkah ada Indomie rasa saksang babi seperti foto yang viral di media sosial itu?

Dari penelusuran Indozone.id, baik melalui pemeriksaan pada foto dan informasi yang beredar, diketahui bahwa foto tersebut merupakan editan dan karenanya informasi yang beredar merupakan hoaks.

Kemasan Indomie yang diedit merupakan Indomie rasa Soto Medan, yang memang merupakan khas Sumatera Utara dan tidak ditemui di daerah lain seperti di Jawa, misalnya.

-
Indomie rasa soto Medan. (Foto: Istimewa)

Hal itu terlihat jelas dari desain kemasan pada bagian atasnya. Lalu pada mangkuk hasil editan, terlihat hasil editan yang tidak mulus.

Humas PT Indofood CBP Sukses Makmur Lucy Suganda menyatakan bahwa foto itu tidak benar alias hoax, sekaligus menegaskan bahwa mereka hanya memproduksi produk maupun rasa yang halal.

"Itu hoaks. Indofood hanya memproduksi produk halal," ujarnya.

Melalui Twitter, @Indomielovers juga telah merespons beredarnya foto itu.

"Hai Indomielovers! Kami berkomitmen bahwa seluruh produk Indomie sudah mendapatkan sertifikasi HALAL dari MUI agar aman dikonsumsi, jadi kamu ngga perlu khawatir. Kami selalu memastikan keamanan produk Indomie selalu terjaga, demi kenyamanan kamu :)," tulis Indomie.

-
Jawaban Indomie terkait foto Indomie rasa saksang babi. (Foto: Twitter)

Sebelum dijawab langsung oleh Indomie, sebagian netizen sudah tahu kalau foto Indomie tersebut merupakan editan komputer. 

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X