Sambut Hari HAM, Jokowi Soroti Masalah Kebebasan Beribadah

- Kamis, 10 Desember 2020 | 13:05 WIB
Presiden Joko Widodo. (Dok. Kemensetneg)
Presiden Joko Widodo. (Dok. Kemensetneg)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyoroti mengenai masalah kebebasan beribadah pada pidatonya dalam peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) yang jatuh pada setiap 10 Desember.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Jokowi dalam video yang diunggah pada akun Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (10/12/2020)

"Saya mendengar masih ada masalah kebebasan beribadah di beberapa tempat," ucap Jokowi.

"Untuk itu saya minta agar aparat, pemerintah pusat, daerah, secara aktif dan responsif untuk menyelesaikan masalah ini secara damai dan bijak,” imbuhnya.

Baca Juga: Gibran dan Bobby Menang di Hitung Cepat Pilkada, PDIP: Bukti Kedaulatan Rakyat

Selain itu, Jokowi pun menyebutkan kalau pembangunan infrastruktur didedikasikan sebagai prasarana untuk pemenuhan HAM dengan menjamin keterjangkauan hak mobilitas, kesehatan, pangan, dan kebutuhan dasar yang merata termasuk bahan bakar satu harga

"Demikian halnya dengan pembangunan sumber daya manusia yang berjalan dengan memastikan penurunan kasus stunting serta keterjangkauan pendidikan yang memadai terutama di daerah-daerah terpencil dan pulau-pulau terluar," terang Jokowi.

Lebih lanjut, mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut juga menyebutkan kalau pemerintah memberikan perhatian khusus kepada saudara-saudara kita penyandang disabilitas.

"Kita telah membentuk Komisi Nasional Disabilitas dan berorientasi pada pendekatan hak asasi manusia,” tandasnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X