The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ilmu Komunikasi UI Jadi Jurusan dengan Tingkat Persaingan Paling Tinggi di SBMPTN 2020
Pserta mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) SBMPTN 2020 di Universitas Udayana, Minggu, (5/7/2020). (ANTARA/Fikri Yusuf)
News

Ilmu Komunikasi UI Jadi Jurusan dengan Tingkat Persaingan Paling Tinggi di SBMPTN 2020

Sabtu, 15 Agustus 2020 12:38 WIB 15 Agustus 2020, 12:38 WIB

INDOZONE.ID - Hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) telah diumumkan pada Jumat kemarin (14/8/2020). Sekitar 167.653 orang pendaftar dinyatakan lulus SBMPTN.

Ada pun jurusan yang paling diminati dalam SBMPTN kali ini, yaitu jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia (UI). Berdasarkan data dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Ilmu Komunikasi UI menjadi jurusan dengan saingan yang paling tinggi tahun ini.

Bahkan, jurusan Ilmu Komunikasi UI mempunyai keketatan 1 banding 125 yang artinya dari 125 peserta, hanya 1 orang saja yang diterima. Jurusan Ilmu Komunikasi tampaknya menjadi jurusan yang paling diminati dalam SBMPTN tahun ini.

Kemudian, jurusan dengan keketatan tertinggi selanjutnya adalah jurusan Hubungan Internasional UI. Keketatan di jurusan ini yaitu 1 banding 90 peserta. Kemudian, jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran (Unpad) juga menjadi salah satu jurusan yang paling diminati dengan keketatan mencapai 1 banding 87 peserta.

Setelah itu disusul dengan jurusan Manajemen Unpad, Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Ilmu Komunikasi Universitas Gadjah Mada (UGM), Bahasa dan Kebudayaan Korea Universitas Indonesia (UI). Kemudian Psikologi UNY, Ilmu Hubungan Internasional UGM, dan Manajemen UGM.

Sementara itu, jurusan yang memiliki keketatan tertinggi di saintek (sains dan teknologi) dalam SBMPTN 2020 ada Teknik Informatika Unpad dengan keketatan mencapai 1 banding 77. Kemudian disusul dengan Kedokteran Gigi Universitas Diponegoro (Undip) dengan keketatan 1 banding 58.

Setelah Kedokteran Gigi Undip, jurusan dengan persaingan ketat lainnya yaitu Kedokteran UGM, Pendidikan Dokter UI, Ilmu Komputer UGM, Teknik Biomedis UGM, Teknologi Informasi UGM, Arsitektur UI, Farmasi UI, serta Arsitektur UGM.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
Dina
Zega

Zega

Editor
Dina

Dina

Writer
JOIN US
JOIN US