120 Ribu Aparat Dikerahkan Amankan Mudik Natal dan Tahun Baru

- Minggu, 8 Desember 2019 | 13:02 WIB
Aparat Kepolisian tengah amankan arus lalu lintas di Jakarta. (Polda Metro Jaya).
Aparat Kepolisian tengah amankan arus lalu lintas di Jakarta. (Polda Metro Jaya).

Kepolisian Republik Indonesia bakal gelar Operasi Lilin, yang berlangsung selama 10 hari sejak 23 Desember 2019 hingga 2 Januari 2020. 

Asisten Operasi Kapolri Irjen Martuani Sormin mengatakan, ribuan personil dari unsur Kepolisian bakal diterjunkan untuk mengamankan rumah ibadah hingga infrastruktur transportasi seperti bandara dan pelabuhan.

Selain 120 ribu aparat kepolisian, pengamanan melibatkan 70 ribu personil TNI untuk seluruh wilayah Indonesia. 

"Adapun objek yang jadi perhatian adalah tempat ibadah, tempat hiburan, keramaian, mall, bandara dan pelabuhan yang bakal diamankan oleh 60 ribu personil," katanya seperti dilansir situs kemenhub, Minggu (8/12). 

Wakil Asisten Operasi Panglima TNI Marsma TNI Jorry S. Koloay menegaskan, selain pengamanan, TNI akan mensiagakan sejumlah armadanya jika sewaktu-waktu diperlukan.

"Untuk siaga dalam rangka dukungan angkutan kita standby baik itu angkutan darat, angkutan laut maupun angkutan udara, yang ada di tiap angkatan baik TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, dan TNI Angkatan Udara,” ujarnya. 

Kementerian Perhubungan akan menyelenggarakan monitoring posko angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 mulai dari 19 Desember 2019 hingga 6 Januari 2020. 

Dimana Kementerian Perhubungan memprediksi puncak arus libur akan terjadi sejak 20 sampai 24 Desember 2019. Sedangkan untuk puncak arus balik diperkirakan akan terjadi pada 29 sampai 31 Desember 2019.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X