Biar Investasi Naik, Agus Janji Perkuat Struktur Industri Manufaktur

- Rabu, 6 November 2019 | 09:35 WIB
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita (Kemenperin)
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita (Kemenperin)

Pemerintah bertekad menciptakan iklim investasi yang kondusif melalui beberapa upaya strategis. Misalnya, memberikan kemudahan izin usaha serta memfasilitasi insentif fiskal dan nonfiskal.

Kementerian Perindustrian berharap, adanya iklim investasi yang baik, investasi bisa masuk, dan bisa memperkuat struktur industri manufaktur di dalam negeri. Selain itu, dari investasi, dapat memacu produktivitas dan menghasilkan produk substitusi impor. 

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menegaskan, Presiden Joko Widodo telah memberikan arahan untuk melakukan transformasi sektor manufaktur di dalam negeri supaya mampu menghadapi perkembangan era industri 4.0. 

Ia mengatakan, implementasi peta jalan Making Indonesia 4.0, diyakini akan membangkitkan kembali industri manufaktur di Tanah Air. Hal ini karena terbangunnya konektivitas melalui teknologi digital. 

Berdasarkan peta jalan Making Indonesia 4.0, pemerintah memprioritaskan pengembangan lima sektor manufaktur yang dinilai mampu memberikan kontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Kelima sektor tersebut, yaitu industri makanan dan minuman, tekstil dan pakaian, otomotif, kimia, serta elektronika. 

"Tidak hanya menyasar kepada sektor skala besar saja, kami juga tetap memprioritaskan pada pengembangan industri kecil dan menengah (IKM) yang juga menunjukkan geliat yang baik untuk berperan meningkatkan pertumbuhan sektor industri manufaktur," katanya. 

Ia menegaskan, Pemerintah Jokowi - Ma'ruf Amin, terus memperluas akses pasar ekspor untuk industri manufaktur. Sebab, selama ini produk pengolahan nonmigas menjadi andalan dalam pencapaian nilai ekspor nasional. 

"Misalnya, kita perluas pasar ekspor ke negara-negara potensial seperti di Asia Pasifik, Timur Tengah dan Afrika,” ujar Agus.


Artikel Menarik Lainnya: 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X