Awal Tahun, Pembangunan Rumah Korban Gempa Palu Dimulai

- Selasa, 29 Oktober 2019 | 14:31 WIB
Presiden meninjau lokasi hunian tetap (huntap) korban gempa Sulteng di Duyu, Kecamatan Tatanga, Palu, Selasa (29/10/2019). (Foto: Humas/Jay).
Presiden meninjau lokasi hunian tetap (huntap) korban gempa Sulteng di Duyu, Kecamatan Tatanga, Palu, Selasa (29/10/2019). (Foto: Humas/Jay).

Presiden Joko Widodo meninjau lokasi hunian tetap (huntap) korban gempa Sulawesi Tengah (Sulteng), di Duyu, Kecamatan Tatanga, Kota Palu.

Pemerintah menjanjikan awal 2020, pembangunan 11.000 rumah korban gempa mulai dilakukan secara pararel. 

"Ya ini setelah sudah lebih dari setahun, memang progresnya agak lambat karena masalah yang berkaitan dengan lahan, pembebasan lahan, terutama yang untuk relokasi hunian tetap. Tapi kalau yang bangun individu, ini sudah sebagian sudah berjalan,” kata Presiden Jokowi, Selasa (29/10). 

Ia menegaskan. sudah mendapatkan kepastian dari Gubernur, seluruh bupati, serta Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional, urusan lahan sudah rampung. 

"Yang sekarang sedang dalam proses dikerjakan adalah memang proses lelang. Dan di sini selesai, kemudian nanti di Sigi juga akan segera diselesaikan, barulah masukkan ke tahapan konstruksi," katanya.

Jokowi menegaskan, pembagunan 11.000 rumah bagi korban, bukan pekerjaaan kecil. Saat ini, yang sudah siap dikerjakan 450 unit di Kota Palu dan Sigi dalam proses lelang 500 hunian tetap.

“Ini segera dimulai, Sigi yang 500 juga segera dimulai tapi nanti akan berjalan secara paralel di Januari 2020. Kita harapkan mulai pertengahan sampai akhir tahun bisa diselesaikan semuanya," katanya. 

Gempa magnitudo 7,4 yang mengguncang beberapa wilayah di Sulawesi Tengah, pada akhir September lalu. Gempa ini, mengakibatkan ribuan jiwa meninggal dunia dan luka berat dan ribuan orang diperkirakan meninggal dunia dan tertimbun di wilayah terdampak likuifaksi.

 

Artikel Menarik Lainnya:
 

Kepala Daerah Maluku Curhat APBD Minim, Jokowi Telepon Sri Mulyani

Korban Gempa Maluku Dapat Hadiah dari Jokowi

Jokowi Janji Akan Tindak Lanjut Pemekaran Wilayah di Papua

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X