The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

5 Hal yang Harus Dipelajari Indonesia dari India Terkait Lonjakan Kasus Covid-19
Tenaga kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada santri (ANTARA FOTO/Tina/Zk/rwa.)
News

5 Hal yang Harus Dipelajari Indonesia dari India Terkait Lonjakan Kasus Covid-19

Bisa kendalikan lonjakan?

Sabtu, 19 Juni 2021 12:44 WIB 19 Juni 2021, 12:44 WIB

INDOZONE.ID - Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Tjandra Yoga Aditama menyebutkan ada lima hal yang harus dipelajari Indonesia dari india terkait lonjakan kasus Covid-19 saat ini.

Pertama, menurut Tjandra adalah melonggarnya protokol kesehatan yang membuat kasus Covid-19 melonjak. Kemudian, hal lainnya juga disebabkan oleh banyaknya kegiatan yang memicu kerumunan.

"India itu biasanya melakukan pernikahan pada bulan Desember-Januari, pada awal musim dingin. Kita lihat kalau suka nonton film Bolywood bagaimana ramainya pernikahan India, itu kerumunan orang," ucapnya dalam diskusi virtual Perspektif Indonesia "Menyiasati Lonjakan Covid-19" Sabtu (19/6/2021).

"Makanya sekarang juga begitu. Harusnya sih memang ada pembatasan sosial saat ini. Tidak bisa seperti yang sudah berjalan," tambah Tjandra.

Baca Juga: Pasien Covid-19 yang Dirawat di RSD Wisma Atlet Capai 6 Ribu Orang

Kemudian, Tjandra mengatakan tes Covid-19 di India mengalami penurunan, yakni yang sebelumnya berhasil melakukan tes hampir sebanyak 1,5 juta, saat itu justru turun menjadi 700.000 testing.

"Nah, ini menunjukkan kalau testing turun maka orang yang positif ditemukan menjadi lebih sedikit dan penularan-penularan menjadi besar di masyarakat," ungkapnya.

Lebih lanjut, yang keempat adalah vaksinasi yang digalakan, dan terakhir India dilanda adanya varian baru, yakni varian Alfa, Beta dan Gama yang dari luar negeri, dan varian Delta yang berasal dari India.

"Lima itu yang terjadi di India, sehingga angkanya naik sekali, dan harus dikendalikan," tandas Tjandra.

 Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Lanjar Wiratri
Sarah Hutagaol
JOIN US
JOIN US