Politikus Golkar Apresiasi Respon Cepat Pemerintah Evakuasi 26 WNI dari Afghanistan

- Senin, 23 Agustus 2021 | 08:51 WIB
Sejumlah WNI yang dievakuasi dari Afghanistan tiba di Bandara Halim Perdanakusuma. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)
Sejumlah WNI yang dievakuasi dari Afghanistan tiba di Bandara Halim Perdanakusuma. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Anggota Komisi I DPR RI Christina Aryani menilai langkah pemerintah untuk melakukan evakuasi warga negara Indonesia (WNI) dari Afghanistan adalah langkah yang cepat dan tepat. Dia pun mengapresiasi pemerintah beserta jajarannya yang terlibat dalam misi evakuasi ini.

"Untuk ini kami memberikan apresiasi kepada Pemerintah, khususnya Kementerian Luar Negeri, Panglima TNI, terkhusus TNI AU, KBRI Kabul serta kantor perwakilan lain dan juga seluruh pihak yang terlibat dalam misi evakuasi ini," kata Christina dalam keterangannya kepada Indozone dikutip Senin (23/8/2021).

Politikus Partai Golkar ini memandang keberhasilan misi evakuasi dapat terlaksana atas kerja keras, kerja sama serta respon cepat dari kementerian dan lembaga serta berbagai perwakilan RI di luar negeri.

Kemudian informasi yang diterima oleh Komisi I DPR, political presence atau misi diplomatik melalui KBRI tetap dilakukan dari Isla,abad, Pakistan. Sehingga akan tetap berjalan sambil terus memantau perkembangan situasi di Afganistan.

"Kami berpendapat Indonesia perlu untuk memantau dan menunggu perkembangan lebih lanjut terkait dengan proses peralihan kepemimpinan yang terjadi di Afghanistan sebelum dapat menentukan sikap lebih lanjut," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, Situasi Afghanistan yang tidak terkendali akibat dikuasai kelompok Taliban, membuat pemerintah luar negeri Indonesia mengambil langkah tegas.

Diketahui TNI Angkatan Udara (AU) akan melakukan evakuasi terhadap 26 warga negara Indonesia (WNI) dari Afganistan. Mereka akan dievakuasi dengan menggunakan Pesawat Boeing 736-400 milik Skadron Udara 17.

"Tindakan ini sebagai bentuk nyata dan konkret atas kepedulian Pemerintah terhadap Warga Negara Indonesia yang saat ini tengah berada di Afghanistan," tulis akun Instagram Skadron Udara 17, pada Jumat (20/8/2021).

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X