Anies Bersyukur Jika DKI Jakarta Masuk Peringkat 46 Kota Aman Dunia

- Selasa, 24 Agustus 2021 | 17:20 WIB
 Ilustrasi DKI Jakarta. (photo/Unsplash/Eko Herwantoro/ilustrasi)
Ilustrasi DKI Jakarta. (photo/Unsplash/Eko Herwantoro/ilustrasi)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersyukur jika Jakarta masuk peringkat ke-46 indeks kota aman dari 60 kota di dunia berdasarkan laporan dari majalah the Economist tahun 2021.

"Kami tentu bersyukur bahwa Jakarta masuk dalam salah satu kota aman di dunia. Kami ingin dorong lebih jauh lagi," kata Anies Baswedan ketika meninjau vaksinasi ekspatriat di Balai Kota Jakarta, Selasa (24/8) dikutip dari ANTARA.

Menurut dia, pihaknya akan mendorong pemanfaatan oleh masyarakat soal aplikasi khususnya untuk perlindungan yang sudah diluncurkan dua tahun lalu misalnya perlindungan perempuan.

Melalui aplikasi, Jakarta Kini (Jaki), imbuh Anies, masyarakat bisa melaporkan setiap peristiwa atau kejadian penting termasuk di antaranya terkait keselamatan.

Baca juga: Gemas! Bocah Perempuan Ini Sholat Sambil Berguling, Bikin Kakak & Ayahnya Tertawa

"Kami menyiapkan aplikasinya, masyarakat men-download, memanfaatkan semuanya ada di Jaki. Download aplikasi super apps ini," ucapnya.

Sebelumnya, majalah ekonomi, the Economist melalui Unit Pengawasan Ekonomi merilis daftar peringkat 60 kota-kota di dunia soal indeks keamanan 2021.

Laporan tersebut berdasarkan 76 indikator meliputi isu utama di antaranya digital, kesehatan, infrastruktur, pribadi, lingkungan.

Adapun Jakarta menduduki posisi ke-46 dengan skor 56,4 dari nilai 100 atau tergolong level menengah atau rata-rata.

Peringkat pertama diduduki kota Kopenhagen di Denmark dengan skor 82,4.

Sedangkan dibandingkan negara Asia Tenggara lainnya, Jakarta berada di bawah dari Singapura yang ada di peringkat ketiga, kemudian Kuala Lumpur (32), Bangkok (43), Ho Chi Minh City di Vietnam (45).

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X