Pemprov DKI Masih Godok Desain Revitalisasi Pasar Gembrong

- Jumat, 6 Mei 2022 | 22:10 WIB
Sejumlah pemadam kebakaran memadamkan api yang membakar kios dan rumah di pasar Gembrong, Jatinegara, Jakarta Timur. (ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah)
Sejumlah pemadam kebakaran memadamkan api yang membakar kios dan rumah di pasar Gembrong, Jatinegara, Jakarta Timur. (ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah)

Pemprov DKI Jakarta masih menggodok desain revitalisasi permukiman warga korban kebakaran di Pasar Gembrong RW 01, Cipinang Besar Utara, Jatinegara, Jakarta Timur.

"Saat ini sedang proses perencanaan desain," kata Plt Camat Jatinegara Rudy Syahrul, seperti disadur dari Antara, Jumat (6/5/2022).

Rudy mengatakan penggodokan desain itu untuk menentukan konsep dari rencana revitalisasi permukiman warga yang terdampak kebakaran pada 24 April 2022.

Rudy menambahkan bahwa Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat berkunjung ke Pasar Gembrong pada Senin (2/5/2022) juga telah menyatakan revitalisasi segera dimulai bertahap mulai pekan depan.

Baca Juga: Yayasan Erick Thohir Gelar Social Healing untuk Korban Trauma Pasar Gembrong

Selain itu, Anies juga telah menginstruksikan tim perencanaan agar meninjau revitalisasi korban kebakaran di Kwitang, Senen, Jakarta Pusat, sebelum menentukan desain untuk permukiman warga Pasar Gembrong.

Meski demikian, Rudy tidak dapat memastikan apa konsep revitalisasi permukiman warga Pasar Gembrong akan menggunakan desain serupa dengan revitalisasi di Kwitang.

"Terkait hal tersebut pihak Kota (Pemkot) yang dapat menjawab. Karena konsep tersebut disampaikan pak gubernur ke pak wali kota di hadapan pak Sekda, Camat dan Ketua RW, LMK di musala setelah salat," ujar Rudy.

Ketua RW 01 Cipinang Besar Utara, Maju Saiman mengatakan, warganya senang dengan rencana revitalisasi dari Pemprov DKI Jakarta dan berharap hal itu dapat membuat warga bangkit melanjutkan hidup setelah mengalami musibah kebakaran.

Dia mengatakan bahwa warga juga sudah membersihkan puing sisa kebakaran yang berada di Jalan Basuki Rachmat untuk mempercepat proses revitalisasi permukiman warga RW 01.

"Kalau gambaran saya kita diperlihatkan rumah contoh yang sudah ada di Kampung Melayu, kira-kira seperti di sana. Atau yang seperti di Senen sana. Kira-kira dicoba ditata (seperti) di sana," ujar Maju Saiman.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X