Mantap! Menhan Prabowo Borong 6 Jet Latih Tempur dari Korea Selatan, Segini Harganya

- Kamis, 22 Juli 2021 | 10:12 WIB
Pesawat T-50i Golden Eagle (Ilustrasi/Istimewa)
Pesawat T-50i Golden Eagle (Ilustrasi/Istimewa)

Kementerian Pertahanan (Kemhan) membenarkan tengah melakukan proses pengadaan enam unit pesawat Latih Tempur Lead-In Fighter Training (LIFT) jenis T-50i Golden Eagle dari Korea Selatan.

"Ini merupakan kontrak pengadaan yang kedua, dan kelanjutan kerja sama dengan perusahaan Korea Aerospace Industries (KAI)," kata Kabiro Humas Sekjen Kemhan, Marsma TNI Penny Radjendra, Kamis (22/7/2021).

Penny mengatakan sebenarnya Kemhan RI telah melakukan kerja sama dengan KAI sudah cukup lama, yaitu sejak 2014. Pada awal tahun 2014, Kemhan RI pertama kali menerima 16 unit pesawat latih tempur lead-in fighter training (LIFT) jenis T-50i Golden Eagle dari Korea Aerospace Industries Co (KAI) selaku produsen.

"Untuk memenuhi permintaan dan kebutuhan TNI AU, pada tahun 2021 Kementerian Pertahanan melanjutkan kerja sama tersebut dengan rencana penambahan enam unit pesawat Tempur T-50i dengan KAI," ujar Penny menjelaskan.

Proses pengadaan enam unit T-50i itu ditegaskan telah melalui prosedur dan aturan yang berlaku dengan melibatkan kementerian/lembaga terkait.

Pengadaan pesawat tempur itu juga dilakukan dengan mengedepankan aspek efisiensi, efektivitas, transparansi, dan akuntabilitas sehingga objektivitas dalam setiap tahapan proses kontrak dapat dipertanggungjawabkan.

"Pengadaan enam unit pesawat T-150i dari KAI Korea Selatan ini juga dilaksanakan dengan tetap memperhatikan optimalisasi pemanfaatan komponen industri dalam negeri untuk mendukung penguatan industri strategis dalam negeri," ujarnya.

Pesawat T-50i diharapkan bisa memenuhi kebutuhan yang bersifat strategis bagi TNI AU dan menyiapkan penerbang tempur yang handal untuk menjaga kedaulatan Indonesia.

Dikabarkan, pesawat tempur itu akan dipasok oleh KAI ke AU Indonesia dari 16 Desember 2021 hingga 30 Oktober 2024, dengan nilai kesepakatan mencapai US$240 juta atau sekitar Rp3,4 triliun.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X