The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

4 Fakta Tentang Perusahaan GMR Airports yang Beli Bandara Kualanamu
Fakta tentang perusahaan GMR Airports. (Photo/Antara)
News

4 Fakta Tentang Perusahaan GMR Airports yang Beli Bandara Kualanamu

Rabu, 24 November 2021 21:26 WIB 24 November 2021, 21:26 WIB

INDOZONE.ID - Kabar terbaru datang dari perusahaan asal India bernama GMR Airports International yang terpilih sebagai mitra strategis pengelolaan Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatra Utara (Sumut).

Perusahaan tersebut diketahui berpusat di kota New Delhi dan telah memenangkan tender dengan masa pengelolaan selama 25 tahun untuk bandara tersebut. Mau tahu selengkapnya? Ini 4 fakta perusahaan GMR Airports.

1. Nilai Kepemilikan Saham GMR Airports

bandara kualanamu
(Photo/Antara)

Direktur Utama PT Angkasa Pura II (AP II), Muhammad Awaludin menerangkan bahwa skema kemitraan strategis PT Angkasa Pura II (Persero) dan Perusahaan GMR Airports International akan tergabung di dalam Joint Venture Company (JVCo) dengan kepemilikan saham 51% AP II dan GMR 49%. 

Nilai kerjasama tersebut mencapai sekitar 6 miliar dollar atau setara dengan (Rp85 triliun). Termasuk juga investasi dari mitra strategis sedikitnya senilai Rp15 triliun.

Muhammad Awaluddin menjelaskan kemitraan strategis ini sangat menguntungkan. Ia mengakui bahwa mitra strategis akan mendukung adanya penambahan aset di Bandara Internasional Kualanamu.

2. Posisi Strategis Jadi Penghubung Asia Tenggara

bandara kuala namu
(Photo/Antara)

Bersama dengan GMR Airports, kemitraan tersebut diharapkan dapat membuat Bandara Kualanamu menjadi tempat strategis untuk menjadi penghubung di Asia Tenggara.

Kolaborasi antara PT Angkasa Pura II dan GMR Airports menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan ekonomi di kawasan barat Indonesia, khususnya Sumatra Utara (Sumut).

Disisi lain, proyek kerja sama tersebut akan membuat Bandara Kualanamu berkembang pesat dan menjadi jembatan antara ASEAN. Pertumbuhan ekonomi di Provinsi Sumut menjadi langkah yang diharapkan sangat cepat dari kerja sama GMR Airports.

Baca juga: Belajar Makna Bersyukur dari Pasangan Difabel yang Menjual Kerupuk Karak

3. Lebih Dekat dengan GMR Airports

GMR Airports
GMR Airports. (Photo/GMR Group)

GMR Airports merupakan perusahaan yang berasal dari GMR Group. Perusahaan ini bergerak di bidang operator bandara internasional terkemuka.

Perusahaan itu juga memiliki tujuan untuk menciptakan aliansi bandara terbesar dan paling bertanggung jawab secara global.

Fokus utama yang ingin dicapai, yakni pada penetapan standar industri tertinggi dalam hal keberlanjutan, penumpang pengalaman, operasi, teknologi informasi/inovasi, layanan & penawaran bandara, desain, teknik, dan manajemen proyek.

4. Bandara yang Bekerja Sama dengan GMR Airports

Bandara Internasional Mactan Cebu
Bandara Internasional Mactan Cebu. (Photo/Wikipedia)

GMR Airports juga telah melakukan kerja sama dengan beberapa bandara lainnya, seperti Bandara Internasional Mactan Cebu di Filipina, Bandara Internasional Kastelli atau Kreta di Heraklion, Yunani.

Dengan tambahnya Bandara Kualanamu, Indonesia maka GMR Airports semakin mengejar tujuan utama untuk mengembangkan, mengoperasikan, dan mengelola bandara sebagai penghubung di Asia Tenggara.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
M. Rio Fani
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US