Presiden Xi Jinping Tegaskan China Tak akan Gertak Negara Kecil

- Senin, 22 November 2021 | 15:08 WIB
Presiden China, Xi Jinping. (REUTERS/Carlos Garcia Rawlins)
Presiden China, Xi Jinping. (REUTERS/Carlos Garcia Rawlins)

Presiden China Xi Jinping mengatakan negaranya tidak akan menggertak negara-negara kecil. Menurutnya, China ingin bergaul dengan tetangganya dan menjaga perdamaian.

"China tidak akan pernah mencari hegemoni, apalagi menggertak negara-negara kecil sebagai negara besar,” kata Xi dalam pertemuan virtual para pemimpin ASEAN dikutip Luxembourg Times, Senin (22/11/2021).

Namun apa yang dikatakan pemimpin negara itu dinilai tidak sesuai, karena Beijing masih membuat masalah dengan negara tetangganya mengenai kawasan Laut China Selatan yang diklaim sebagai wilayah China.

Belum lama, Filipina mengecam China karena menembakkan meriam air untuk mencegah kapalnya memasok pos terdepan di Laut China Selatan.

Baca juga: Bertemu Biden, Jokowi Sebut Laut Cina Selatan Merupakan Kawasan Damai

Menteri Luar Negeri Filipina Teodoro Locsin mengatakan, tiga kapal penjaga pantai China telah memblokir dua kapal Filipina yang membawa makanan untuk tentara di Second Thomas Shoal.

Bulan lalu, Filipina dan Malaysia juga mengeluhkan serangan dari kapal-kapal China di wilayah Laut China Selatan yang diklaim sebagai miliknya.

Menteri Luar Negeri Malaysia Saifuddin Abdullah memperingatkan China karena banyak kapal-kapal China berada di wilayah maritimnya.

Sementara itu, Perdana Menteri Malaysia Ismail Sabri Yaakob mengatakan kepada pemimpin ASEAN dan Xi, bahwa masalah yang berkaitan dengan Laut China Selatan harus diselesaikan secara damai  dan konstruktif sesuai dengan prinsip-prinsip hukum internasional yang diakui secara universal, termasuk UNCLOS 1982.

Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengatakan pada pertemuan itu, masalah Laut China Selatan tidak dapat diselesaikan dengan cara kekerasan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X