Belum Sodorkan Nama, PAN Tunggu Diminta Jokowi Soal Reshuffle

- Senin, 22 November 2021 | 15:54 WIB
Ketua DPP PAN Saleh Partaonan Daulay. (ANTARA/Indra Arief Pribadi/aa)
Ketua DPP PAN Saleh Partaonan Daulay. (ANTARA/Indra Arief Pribadi/aa)

Isu kocok ulang atau reshuffle di kabinet Indonesia maju semakin kencang pasca Partai Amanat Nasional (PAN) bergabung ke pemerintah. Meski begitu, PAN mengaku belum menyodorkan nama kadernya untuk menjadi calon menteri.

Ketua DPP PAN Saleh Partaonan Daulay mengatakan, pihaknya belum mengetahui secara pasti terkait rencana reshuffle. PAN juga belum memberikan nama karena belum ada permintaan dari istana, apalagi tersebut merupakan hak prerogatif dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Kan belum tau kita ini kapan dilakukan dan apa yang diminta. Mestinya kalau ada kebutuhannya ini, kan bisa tau siapa yang cocok untuk itu," kata Saleh di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (22/11/2021).

Jika diminta oleh Istana, kata Saleh, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan yang memiliki kewenangan untuk menentukan kader yang akan diusulkan kepada presiden.

Baca juga: Istana Pastikan Besok Tidak Ada Reshuffle Kabinet Jokowi

Namun Ketua Fraksi PAN di DPR RI ini meyakini, Zulkifli bakal mengajak kader PAN lain untuk berdiskusi bila ada tawaran dari Presiden Jokowi.

"Jadi saya kira soal nama dan seterusnya nanti kita serahkan lah kepada DPP, Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional. Zulkifli Hasan selaku ketua partai akan mengajak yang lain untuk bicara," ucapnya.

Saleh menekankan, PAN sangat menghormati sikap ataupun keputusan Presiden Jokowi perihal reshuffle kabinet.

"Tidak bisa kita katakan harus begini begitu, karena itu hak prerogatif presiden yang harus kita hormati," ucap Saleh.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Gema Trisna Yudha

Tags

Rekomendasi

Terkini

X