The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Tangani Banjir Rob, Pemprov DKI Lanjutkan Proyek Tanggul NCID
Pekerja menggunakan ekskavator untuk menyelesaikan pembangunan tanggul laut di Cilincing, Jakarta, Kamis (4/11/2021). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/nz)
News

Tangani Banjir Rob, Pemprov DKI Lanjutkan Proyek Tanggul NCID

Butuh waktu dan biaya besar.

Selasa, 07 Desember 2021 11:45 WIB 07 Desember 2021, 11:45 WIB

INDOZONE.ID - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memastikan akan melanjutkan pembangunan tanggul National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) di sepanjang pesisir ibu kota. Kelanjutan proyek ini menjadi salah satu upaya Pemprov DKI dalam mengatasi banjir rob yang kerap melanda kawasan pesisir utara Jakarta. 

"Ini terus dikerjakan dan memang ini memerlukan waktu dan biaya tidak sedikit. Prinsipnya, kami terus upayakan pembangunan tanggul yang ada di kawasan utara," ucap Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, Selasa (7/12/2021).

Dia mengatakan, tanggul laut yang akan dibangun sepanjang 790 meter tersebut telah menjadi proyek strategis nasional dalam menanggulangi banjir rob

Banjir rob terjadi di sejumlah kawasan Jakarta Utara karena naiknya permukaan laut. Namun, Riza menyebutkan  banjir rob saat ini sudah surut sehingga masyarakat bisa kembali beraktivitas.

"Banjir rob alhamdulillah sudah surut, upayanya tidak lain adalah pembangunan tanggul," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Yusmada Faizal mengatakan, proses pembangunan tanggul NCICD akan terus diupayakan secara berkelanjutan. Pembangunannya akan dilakukan dengan kolaborasi bersama berbagai pihak, terutama para stakeholder yang aktivitasnya bersinggungan langsung dengan trace tanggul NCICD. 

"Dinas SDA akan mendorong dan mengupayakan agar para stakeholder yang berada di area pesisir Jakarta juga dapat turut membantu dalam proses pembangunan tanggul. Sehingga target untuk mengamankan wilayah pesisir DKI Jakarta dapat segera tercapai," kata Yusmada.

Artikel Menarik Lainnya :

TAG
Gema Trisna Yudha
Sarah Hutagaol
JOIN US
JOIN US