Diperiksa BK Akibat Interpelasi Formula E, Ketua DPRD DKI: Kesalahan Saya di Mana? 

- Rabu, 9 Februari 2022 | 15:15 WIB
Pemeriksaan BK terhadap Ketua DPRD DKI, Prasetyo Edi Marsudi. (INDOZONE/Sarah Hutagaol)
Pemeriksaan BK terhadap Ketua DPRD DKI, Prasetyo Edi Marsudi. (INDOZONE/Sarah Hutagaol)

Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi mempertanyakan apa kesalahannya ketika rapat paripurna untuk membahas interpelasi Formula E yang digelar pada 28 September 2021 lalu yang kemudian dilaporkan ke Badan Kehormatan (BK). 

Hal tersebut diungkapkanya setelah diperiksa oleh BK DPRD DKI. Ia mengaku tak berbuat salah lantaran agenda rapat paripurna interpelasi yang diusulkan ke Badan Musyawarah (Bamus) bersifat secara mendadak.

Menurut Prasetyo hal tersebut tidak melanggar aturan tata tertib (tatib) lantaran diperbolehkan. Pasalnya, jadwal rapat paripurna dalam rapat Bamus bersifat bisa ditambahkan, ataupun dikurangi. 

"Karena ini klarifikasi saya, saya merasa tidak bersalah sampai hari ini. Artinya, pelaksanaan interpelasi keseluruhannya adalah legal," ucapnya di DPRD DKI, Rabu (9/2/2022). 

"(Penyusunan jadwal rapat) Bamus itu bisa bertambah dan berkurang. Kesalahan saya di mana?" tambah Prasetyo. 

Baca juga: Kasus Kecelakaan yang Tewaskan Anak Gubernur Kaltara dan Kader PSI akan Dihentikan Polisi

Lebih lanjut, ia pun menyebutkan, apabila tujuh Fraksi DPRD yang melaporkannya ke BK tak menginginkan adanya paripurna interpelasi Formula E, maka seharusnya bisa disampaikannya pada rapat paripurna secara langsung. 

"Sebetulnya permasalahannya. Kita semua tahu, kan harus diselesaikan. Diselesaikan pakai cara apa? Ya diparipurnakan. Kalau memang tidak kuorum, ya sudah selesaikan lagi. Paripurna untuk interpelasi pun masih saya skors, karena tidak kuorum," terangnya.

Sekadar diketahui, pemeriksaan yang dilakukan BK kepada Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi digelar di ruang rapat paripurna DPRD. Agenda itu pun digelar secara terbuka, dan disaksikan sejumlah anggota dewan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X