Kisah Pak Suliadi, Mantan Sopir Presiden Jokowi, Ungkap Kebiasan Jokowi

- Minggu, 26 September 2021 | 19:50 WIB
Cerita mengenai mantan sopir Jokowi (YouTube/Presiden Joko Widodo)
Cerita mengenai mantan sopir Jokowi (YouTube/Presiden Joko Widodo)

Presiden Jokowi membagikan kisah mengenai mantan sopirnya di Solo, Jawa Tengah, Suliadi. Dalam video yang diunggah di akun media sosial pribadi Presiden Jokowi tersebut, Suliadi bercerita tentang kenangannya semasa masih menyopiri Jokowi di Solo.

"Nama saya Suliadi. Asli Malang, Jawa Timur. Bapak Jokowi ini nggak pernah macam-macam, di dalam mobil santai," ujar Suliadi dengan bahasa dan logat Jawa kental.

Suliadi lalu mengenang kebiasaan Jokowi yang kerap membawa kaset lagu-lagu seperti band Metallica, hingga musik tradisional seperti gamelan Jawa atau klenengan.

Banyak kenangan yang diperoleh Suliadi selama menjadi supir Jokowi. Salah satu kenangan yang unik menurutnya adalah saat Jokowi tertidur di dalam mobil.

"Pulang dari Semarang kan Bapak tidur. Sudah sampai rumah, kok nggak bangun-bangun," ungkap Suliadi.

Suliadi kala itu tidak berani mengganggu waktu tidur Jokowi, sehingga dirinya bersama ajudan menanti sekitar satu jam hingga Jokowi bangun.

"Sama Pak Jokowi ditanya, 'Memang sudah lama ya, Pak, sampai rumah?'. Saya bilang, 'iya, segitulah, Pak, kira-kira satu jam. Pak Jokowi bertanya, 'kok tidak dibangunkan?'. Saya jawab, 'kayaknya Bapak kelihatan capek sekali'," ujar Suliadi.

Kisah unik lainnya waktu Suliadi menyopiri Jokowi beserta istri Iriana Widodo saat peristiwa banjir di Solo. Kala itu mobil mendadak mogok.

Suliadi pun meminta izin kepada Jokowi menggantikannya duduk di kursi kemudi agar Suliadi bisa mendorong mobil. Namun Jokowi justru meminta Suliadi tetap di kursi kemudi, dan dirinya sendiri yang mendorong mobil.

"Bapak jawab, 'enggak, Pak, Pak Suli yang di dalam sama Ibu, saya yang mendorong'," ujar Suliadi.

Selama menjadi sopir, Suliadi mengaku tidak pernah dimarahi Jokowi. Suliadi mengatakan sangat senang ketika Jokowi menjadi Presiden.

Menurutnya sikap Jokowi tidak pernah berubah kepada dirinya meskipun telah menjabat Presiden. Sebagai bentuk apresiasi kepada Suliadi, Jokowi memberikan rumahnya yang ada di Tirtoyoso, Solo, untuk mantan sopirnya tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X