Libur Lebaran, Polisi akan Berlakukan Ganjil Genap di Jalur Wisata Banten

- Sabtu, 23 April 2022 | 19:27 WIB
Aturan ganjil genap di jalur wisata Banten. (ILUSTRASI/ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak)
Aturan ganjil genap di jalur wisata Banten. (ILUSTRASI/ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak)

Libur Lebaran menjadi waktu bagi banyak orang untuk berwisata. Tak heran jika sejumlah destinasi wisata akan ramai di momen hari raya. Salah satunya tempat wisata di kawasan Banten.

Namun, masyarakat nampaknya tidak bisa dengan mudah mengunjungi tempat wisata di Banten pada libur lebaran tahun ini.

Pasalnya, pihak kepolisian bakal menerapkan kebijakan ganjil-genap (gage) selama musim lebaran di jalur wisata.

"Guna kenyamanan masyarakat menikmati wisata di wilayah Cilegon, Pandeglang dan Lebak, Polda Banten akan memberlakukan ganjil genap khusus ke destinasi wisata sebagaimana telah diterapkan pada saat akhir tahun 2021 lalu," kata Kabid Humas Polda Banten, Kombes Pol Shinto Silitonga saat dikonfirmasi Indozone, Sabtu (23/4/2022).

Shinto menyebut kebijakan gage ini akan berlaku dimulai pada hari Rabu, 27 April 2022. Kebijakan ini akan berakhir pada 8 Mei 2022.

Baca juga: Libur Panjang, Objek Wisata Kulon Progo Siap Sambut Wisatawan saat Lebaran

"Dimohon kerjasamanya dari para pengendara untuk dapat mematuhi aturan dan petunjuk dari personel yang melakukan pengaturan pada check point, check point tertentu," beber Shinto.

Kebijakan ini diberlakukan dengan tujuan menghindari penumpukan kendaraan. Namun jika kebijakan ini kurang efektif, pihak kepolisian bakal menggunakan rekayasa lalu lintas lainnya.

"Jika masih terjadi kepadatan, maka Polda Banten akan menerapkan rekayasa lalu lintas baik one way traffic, contra flow, buka tutup arus lalu lintas pada jalur tertentu dan kemungkinan rekayasa lainnya yang pasti akan diinformasikan kepada publik," kata Shinto.

Pengamanan di Objek Wisata di Banten

Dalam rangka pengamanan di tempat wisata, Polda Banten mengerahkan sejumlah personel yang ditugaskan di tempat-tempat wisata. Tak hanya itu, dari segi pelayanan Polda Banten juga membuka gerai vaksin booster.

"Pelayanan masyarakat pada destinasi wisata akan dikelola dengan kehadiran personel pada Pospam dan Posyan yang layanannya dapat diakses oleh masyarakat termasuk layanan gerai vaksinasi booster," pungkas Shinto.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X