The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Arie Untung Jadi Bulan-bulanan Soal Riba dan Tangga Raja Salman, Eko Kuntadhi: Dodol
Arie Untung dan Eko Kuntadhi. (Istimewa)
News

Arie Untung Jadi Bulan-bulanan Soal Riba dan Tangga Raja Salman, Eko Kuntadhi: Dodol

Sabtu, 17 April 2021 13:30 WIB 17 April 2021, 13:30 WIB

INDOZONE.ID - Komedian Arie Untung jadi bulan-bulanan setelah menyinggung tangga pesawat Raja Salman dibawa langsung dari Arab Saudi untuk datang ke Indonesia karena takut dosa riba.

Tangga dibawa langsung itu dinilai Arie Untung, karena tidak mau meminjam dari pemerintah Indonesia.

Namun logika ini dibantah oleh Eko Kuntadhi penggiat media sosial. Terlebih soal riba, di mana Raja Salman juga menggunakan aspal yang dibangun dari biaya pemerintah Indonesia.

"Kata Arie Untung, raja Salman bawa tangga pesawat sendiri karena gak mau gunain tangga pesawat Indonesia. Yang dibiayai dari dana riba," tulis Eko Kuntadhi seperti yang dikutip Indozone, Sabtu (17/4/2021).

Menurutnya pemahaman soal tangga ini salah kaprah. Mengingat usia Raja Salman juga sudah tua dan sulit untuk berjalan.

"Lha, emangnya habis turun dari tangga Raja Salman terbang? Gak mau nginjek aspal yang dibangun dengan biaya pemerintah Indonesia! Dodol!," tambah Eko lagi.

Arie untung yang mengaku blak-blakan telah meninggalkan dunia riba perbankan menjadi sorotan saat tampil dalam wawancara di channel youtube Daniel Mananta.

Bahkan pernyataan Arie Untung soal Raja Salman yang khusus mendatangkan tangga eskalator dari Arab Saudi untuk kunjungan kenegaraan karena takut riba jadi blunder.

"Waktu raja Salman datang ke Indonesia. Pakai pesawat pribadi sampai untuk tangga turunnya di bawa dari Arab. Takut apa, takut dia minjamin uang ke Indonesia. Kemudian dia dapat dosa karena minjamin tangganya," ujar Arie Untung beberapa waktu lalu.

Kata Arie Untung, saat kunjungan Raja Salman pun harus membawa dan membeli mobilnya sendiri karena dia tidak ingin memberatkan orang yang dipinjamin.

Menurutnya tindakan seperti itu karena takut ada riba di dalamnya. Sampai urusan seperti itu pun diperhatikan.

"Karena gak mau walau sepeserpun memberatkan yang dipinjemin. Itu akan bisa riba. Sampai sesimple itu wicis kita belum bisa menjalani seperti itu," katanya.
Arie Untung mengatakan kalau dirinya sudah meninggalkan riba selama 3-4 tahun. Bahkan rezekinya tetap mengalir dan membuatnya lebih bisa hidup bahagia.

"Rezeki malah lebih enak menurut gue. Lebih santai hidup gue. Gak di-push, gak merasak anak ini segala macam. Nah, tapi itu bukan azas bunuh diri gara-gara masalah itu," beberanya.

Pernyataan Arie Untung juga mendapatkan kritikan tajam dari Gus Nadir, melalui akun Twitter yang dikelola oleh santrinya @na_dirs.

Dia mengatakan kalau Raja Salman memakai tangga sendiri yang bukan untuk menghindari riba, tapi murni karena faktor kesehatanan.

Di mana dia sudah tua, jadi bukan hanya saat ke Indonesia atau ngutangin duit. Namun sudah menjadi protokol saat Raja Salman melakukan kunjungan ke luar negari.

"Penjelasan @ArieKuntung soal Raja Salman bawa tangga pesawat krn gak mau riba itu keliru. Raja sudah sepuh, jadi kemana2 kunjungan luar negeri pasti bawa sendiri tangga pesawat yg kayak eskalator," kata Gus Nadir.

"Bukan hanya saat ke Indonesia atau ngutangin duit. Itu protokol tetap (protap) Raja," sebutnya.

Artikel menarik lainnya:

TAG
Fahrizal Daulay
JOIN US
JOIN US