NasDem Tolak Wacana Tiga Periode Presiden, Ini Alasannya

- Selasa, 22 Juni 2021 | 14:38 WIB
Gagasan tiga periode sudah ditolak Presiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/rwa)
Gagasan tiga periode sudah ditolak Presiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/rwa)

Sekretaris Fraksi Partai NasDem di DPR, Saan Mustopa menegaskan pihaknya tidak setuju dengan wacana amandemen Undang-Undang 1945 untuk mengubah masa jabatan Presiden menjadi tiga periode.

"Terkait masa jabatan presiden tiga periode,  bahwa kita tidak menyetujui. Masa jabatan tiga periode dan kita tetep masa jabatan presiden dua periode," kata Saan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (22/6/2021).

Dia menyampaikan apabila masa jabatan dua periode adalah amanat reformasi yang harus dipertahankan. Terlebih Indonesia mempunyai pengalaman buruk terkait masa jabatan Presiden yang lebih dari dua periode.

Baca Juga: Wacana Jabatan Presiden Tiga Periode, PAN: Jokowi Sudah Menolak, Jangan Bikin Gaduh!

"Ini menjadi amanat reformasi yang harus kita jaga kita pertahankan dan kita juga sudah punya pengalaman terkait masa jabatan presiden lebih dari dua kali itu potensi terkait dengan hal-hal yang negatif banyak sekali. Jadi kita tetep ingin masa jabatan presiden tetap dua periode saja," tegasnya

Lebih jauh, Saan juga menyinggung soal sikap Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang sudah berkali-kali menyatakan sikapnya untuk menolak wacana tiga periode masa jabatan kepala negara ini.

"Dan pak Jokowi sudah menyampaikan presiden sendiri tidak setuju dengan masa jabatan tiga periode. Dan itu sudah disampaikan berkali-kali oleh pak Jokowi," tegasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, relawan JokPro 2024 akan membentuk sekretariat pada Sabtu (19/6/2021) bertempat di kawasan Mampang, Jakarta Selatan. M Qodari, pencetus gagasan Jokowi 3 periode, mengatakan organisasi itu merupakan wadah dari beberapa pihak yang menyambut baik gagasan tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X