The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Ridwan Kamil Bangga, Jawa Barat Kini Punya Pabrik Baterai Mobil Listrik Terbesar di ASEAN
Ridwan Kamil bersama sejumlah pejabat saat menyaksikan groundbreaking pembangunan pabrik baterai kendaraan listrik pertama di Indonesia. (Instagram/@ridwankamil)
News

Ridwan Kamil Bangga, Jawa Barat Kini Punya Pabrik Baterai Mobil Listrik Terbesar di ASEAN

Kamis, 16 September 2021 11:15 WIB 16 September 2021, 11:15 WIB

INDOZONE.ID - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan pabrik baterai listrik HKML Battery Indonesia di Proyek Karawang New Industrial City, Kabupaten Karawang pada Rabu (15/9/2021).

Peresmian pabrik baterai listrik HKML Battery Indonesia yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat tersebut juga dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ridwan Kamil melalui Instagram-nya mengucapkan rasa syukur atas peresmian pabrik tersebut.

"Alhamdulillah. Hari bersejarah. Industri batere listrik untuk mobil listrik/electric vehicle (EV) terbesar se-Asean hari ini ground breaking di Karawang Jawa Barat," tulis Ridwan Kamil pada captionnya.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Ridwan Kamil (@ridwankamil)

Baca juga: Mulai Tahun 2022, Semua Rumah Baru di Inggris Wajib Punya Charger Mobil Listrik!

Ridwan Kamil mengungkapkan nilai investasi yang dikucurkan oleh LG Electric dan Hyundai Motors itu mencapai Rp15 triliun. Pada Maret 2022 mendatang, pabrik Karawang akan memproduksi mobil listrik secara massal.

"Maret 2022, mobil listrik pertama secara masal akan dihadirkan dari pabrik di Karawang, dan 2023 batere listrik pertama secara masal akan hadir pula dari Karawang," kata Ridwan Kamil.

Hal ini, kata Ridwan Kamil akan menjadikan Indonesia sebagai negara terdepan dalam transformasi industri kendaraan ramah lingkungan di dunia. Dia juga menambahkan bahwa Jawa Barat akan berkomitmen menjadi wilayah terdepan dalam energi terbarukan, dengan menghadirkan industri mobil listrik dan baterai listrik berkelas dunia.

Ridwan Kamil juga mengatakan bahwa energi pandel surya terbesar se-Asean juga akan dipasang di danau-danau Jawa Barat, kerjasama dengan Masdar dari Uni Emirat Arab (UEA).

Mantan Wali Kota Bandung itu berharap bisa mewarisakan masa depan yang lebih baik dan lebih hijau.

"Mari mewariskan masa depan yang lebih baik dan lebih hijau, bukan mewariskan masa depan yang lebih buruk. Aamiin," ujarnya.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Dina
Dina

Dina

Editor
JOIN US
JOIN US