The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kepal Tangan ke Atas, Jokowi di Hari Sumpah Pemuda: Persatuan Modal Indonesia
Presiden Joko Widodo ajak anak muda menyerap semangat Sumpah Pemuda. (ANTARA FOTO/Biro Pers dan Media Setpres)
News

Kepal Tangan ke Atas, Jokowi di Hari Sumpah Pemuda: Persatuan Modal Indonesia

Sumpah Pemuda mengajarkan soal spirit persatuan bangsa

Kamis, 28 Oktober 2021 10:56 WIB 28 Oktober 2021, 10:56 WIB

INDOZONE.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) turut meyemarakkan momen Hari Sumpah Pemuda yang saban waktu diperingati pada 28 Oktober. Jokowi membagikan ucapan selamat Hari Sumpah Pemuda yang kini berusia 93 tahun dalam unggahan akun resmi Instagram-nya.

Dalam gambar berbentuk kartun, Jokowi terlihat sedang berdiri bersama para pemuda lainnya dengan berbagai macam profesi, seraya mengepal tangan ke atas. Seolah merepresentasikan semangat juang, layaknya para pemuda-pemudi yang berjuang menyatukan perbedaan pada Kongres Pemuda 1928 lampau. 

"Sumpah dan tekad yang diucapkan dengan lantang pada 93 tahun lampau oleh pemuda-pemudi Indonesia, masih menggema dengan suara yang sama dan sejalan dengan arus zaman sekarang," tulisnya, Kamis (28/10/2021).

Lebih lanjut, mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut mengatakan, persatuan antaranak bangsa merupakan modal utama bagi Indonesia untuk menghadapi segala tantangan zaman. 

"Persatuan dalam kemajemukan menjadi modal bagi Indonesia untuk melalui berbagai tantangan," tandas Jokowi.

Perlu diketahui, jumlah penduduk di Indonesia didominasi kalangan usia muda. Menurut hasil Sensus Penduduk 2020, jumlah generasi Z mencapai 75,49 juta jiwa atau setara dengan 27,94 persen dari total seluruh populasi penduduk. Kemudian, generasi milenial sebanyak 69,38 juta jiwa penduduk atau sebesar 25,87 persen. 

Patokan usia generasi Z sendiri merujuk pada penduduk yang lahir di periode kurun waktu 1997 hingga 2012 atau berusia antara 8 sampai 23 tahun. Sedangkan, generasi milenial merupakan mereka yang lahir pada rentang waktu 1981-1996 atau berusia antara 24 sampai 39 tahun.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fahmy Fotaleno
Rohman Wibowo
Sarah Hutagaol

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US