772 Jiwa Jadi Korban Banjir di Berau Kaltim

- Rabu, 15 Desember 2021 | 18:06 WIB
Banjir melanda 3 Perkampungan di Pedalaman Berau (Edi Akbar/IDZ Creator Community)
Banjir melanda 3 Perkampungan di Pedalaman Berau (Edi Akbar/IDZ Creator Community)

Curah hujan tinggi yang belakangan terjadi membuat tiga wilayah perkampungan di Kecamatan Segah, Berau, Kalimantan Timur, dilanda banjir. Diantaranya Kampung Tepian Buah, Kampung Gunung Sari dan Kampung Punan Malinau.

-
Banjir terjadi akibat curah hujan tinggi (Edi Akbar/IDZ Creator Community)

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Berau, Novian Hidayat mengatakan, kondisi banjir terparah terjadi di Kampung Punan Malinau, Kecamatan Segah.

“Banjir di Punan Malinau informasinya mencapai 3 meter. Tapi hingga Rabu (15/12/2021) warga masih memilih bertahan di rumah masing-masing,” ujarnya.

-
Banjir merendam pedalaman Berau hingga 3 meter (Edi Akbar/IDZ Creator Community)

Novian menambahkan, saat ini pihaknya masih mengumpulkan data informasi kondisi banjir dari aparat kampung melalui telepon.

“Laporan yang kami terima banjir telah terjadi sejak hari Selasa kemarin. Karena lokasinya jauh dari kota sekitar 2 hingga 4 jam, sementara langkah kami mengumpulkan data dari pihak aparat kampung,” tuturnya.

-
Warga memilih bertahan di rumah masing-masing (Edi Akbar/IDZ Creator Community)

“Besok kami akan ke lokasi banjir, kalau perlu malam ini kami bergerak ke lokasi jika memang laporan yang kami terima kondisi banjir semakin parah,” tegasnya.

Di musim hujan ini, BPBD Berau telah melakukan koordinasi di masing-masing wilayah langganan banjir. 

-
BPBD Berau sudah mendata warga terdampak banjir (Edi Akbar/IDZ Creator Community)

“Laporan terakhir yang diterima ada sebanyak tiga kepala keluarga di Kampung Gunung Sari yang telah mengungsi secara mandiri,” ujarnya.

“Kami akan membawa peralatan seperti perahu karet dan mobil oprasional serta logistik untuk diberikan kepada warga korban banjir,” pungkasnya.

Data yang diperoleh, korban banjir di Kampung Punan Malinau mencapai 196 kepala keluarga atau sekitar 772 jiwa.

“Kampung Gunung Sari dan Tepian Buah hanya beberapa rumah saja. Namun yang parah yakni Punan Malinau karena dekat dengan aliran sungai Segah,” tutup Novian pada Tim Indozone Creator Community.

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X