Bawaslu Petakan Daerah Rawan pada Pilkada 2020

- Selasa, 25 Februari 2020 | 20:05 WIB
Ketua Bawaslu Abhan bersama Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin saat rilis Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) 2020 di Jakarta, Selasa (25/2/2020). (INDOZONE/Mula Akmal)
Ketua Bawaslu Abhan bersama Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin saat rilis Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) 2020 di Jakarta, Selasa (25/2/2020). (INDOZONE/Mula Akmal)

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) meluncurkan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) Pilkada 2020. Ketua Bawaslu, Abhan mengatakan IKP dirancang untuk memetakan potensi kerawanan Pilkada Serentak 2020 yang berlangsung di 270 daerah dengan fungsi antisipasi dan pencegahan dini.

Berdasar hasil penelitian dari 261 kabupaten/kota yang melaksanakan Pilkada serentak 2020 didapati tiga daerah yang memiliki kerawanan level tertinggi, yaitu Kabupaten Manokwari, Kabupaten Mamuju, dan Kota Makassar. Adapun daerah dengan kerawanan level terendah adalah Kabupaten Lombok Utara.

Sementara itu, dari sembilan provinsi yang mengadakan pemilihan gubernur dan wakil gubernur. Hasilnya, Sulawesi Utara menjadi provinsi dengan kerawanan paling tinggi, sedangkan Kalimantan Utara sebaliknya. 

Abhan berharap IKP dapat menjadi acuan bagi semua pemangku kepentingan dalam menangkap setiap fenomena, dan gejala pelanggaran dan kerusakan dalam Pilkada 2020. 

"Fenomena yang dimaksud, di antaranya pelanggaran netralitas ASN (aparatur sipil negara), politisasi SARA (suku, agama, ras, dan antargolongan), ujaran kebencian dan politik uang. Kiranya setiap pihak bisa menekan, mengurangi bahkan mencegah terjadinya pelanggaran Pemilu dengan wewenangnya masing-masing," kata Abhan di Hotel Red Top Jakarta, Selasa (25/2/2020).

IKP Pilkada 2020, sambungnya, menjadi salah satu ikhtiar terhadap berbagai potensi pelanggaran dan kerawanan pemilihan yang digelar 23 September mendatang. Menurutnya, hal ini juga membantu mendetailkan dan membedah karakteristik pelanggaran di suatu wilayah.

"IKP juga bertujuan mengetahui dan mengidentifikasi ciri, karakteristik, dan kategori kerawanan di masing-masing daerah yang menyelenggarakan pemilihan," ungkapnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X