Gugus Tugas Ungkap 5 Tips Sederhana Lawan Virus Corona

- Rabu, 18 Maret 2020 | 11:40 WIB
Ketua tim pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers di Jakarta pada Rabu (18/3/2020) (ANTARA NEWS/Prisca Triferna)
Ketua tim pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers di Jakarta pada Rabu (18/3/2020) (ANTARA NEWS/Prisca Triferna)

Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, mengungkapkan lima tips sederhana dalam melawan virus corona

"Yakni menjaga jarak dengan orang lain, jangan berjabat tangan, kemudian cuci tangan, hindari kerumunan, dan pakai masker di tempat ramai," kata Wiku dalam konferensi pers di kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Rabu (18/3/2020).

Pakar kebijakan kesehatan itu menilai, dengan melakukan lima tips sederhana itu, masyarakat sudah melawan virus corona dengan baik.

Hal itu, kata dia, penting dilakukan karena penyebaran penyakit yang disebabkan virus corona terjadi lewat penularan jarak dekat, melalui droplet atau cairan liur.

Menjaga jarak dan tidak berada dalam kerumumanan luas, akan memastikan penurunan tingkat penularan antarmanusia yang merupakan pola penyebaran Covid-19.

"Pemerintah sampai sekarang tetap mendorong aktivitas ekonomi terjaga, tetapi dengan modifikasi, karena ini hal yang penting. Kita dalam kehidupan sehari-hari harus menjaga aktivitas sosial ekonomi, tetapi dalam kondisi seperti ini kita harus modifikasi cara kita bekerja," kata akademisi dari Universitas Indonesia tersebut. 

Untuk diketahui, jumlah kasus positif virus corona sudah mencapai 172 orang di Indonesia. Penambahan kasus terbanyak ada di provinsi DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah dan Kepulauan Riau.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X